Farsi (Persia)

Bahasa Persia adalah bahasa yang dipakai di kawasan Iran sejak 2000 tahun yang lalu, di mana pada saat itu, kawasan Iran jauh lebih luas daripada negara Iran saat ini. Oleh karena itulah, bahasa Persia dewasa ini juga dipakai oleh beberapa negara di sekitar Iran, antara lain Afghanistan, Tajikistan, serta sebagian wilayah Pakistan dan India.

Tentu saja Anda mengetahui bahwa bahasa Persia merupakan bahasa tertua di dunia. Namun, apakah Anda mengetahui peninggalan tertulis dalam bahasa Iran berasal dari tahun berapa? Apakah Anda mengenal para sastrawan klasik bahasa ini? Melalui acara ini, kami akan memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut kepada saudara pendengar sekalian.

Karena panjangnya sejarah bahasa Persia, pembahasannya dikelompokkan ke dalam tiga zaman. Periode awal adalah antara abad ke-5 hingga abad ke-3 sebelum Masehi, dan diberi nama Bahasa Persia Kuno. Banyak sekali peninggalan tertulis bahasa Persia yang berasal dari zaman ini, di antaranya batu bertulis dan kulit bertulis yang berusia sekitar 2500 tahun. Sebagian sejarawan dan ahli bahasa kuno bahkan menyatakan bahwa sebagian dari peninggalan tertulis bahasa Persia berasal dari abad ke-8 sebelum Masehi. Fakta ini menunjukkan betapa kunonya bahasa ini.

Setelah era Persia kuno, dimulailah periode kedua yaitu Persia Pertengahan yang dimulai sejak abad ke-3 sebelum Masehi hingga abad ke-7 Masehi , yaitu tak lama setelah munculnya Islam. Peninggalan sastra dan sejarah Persia yang kini masih tersimpan, sebagian besarnya berasal dari era ini. Persia pertengahan pada dasarnya adalah bahasa transisi antara bahasa Persia kuno dengan bahasa Persia modern. Periode ketiga adalah Persia modern yang dimulai sejak abad ketujuh Masehi hingga kini. Periode ini juga meninggalkan berbagai karya sastra yang bernilai tinggi.

Di dunia ini, tidak banyak terdapat bangsa yang produk pemikiran dan sastranya memiliki usia yang lama dan lebih dari 2000 tahun. Dengan latar belakang sejarah yang sedemikian panjang, tidak heran bila bahasa Persia memiliki kedudukan khusus di dunia sastra dan banyak ilmuwan besar yang mengabdikan umurnya untuk melakukan penelitian di bidang ini. Tidak diragukan lagi, para pencinta sastra di seluruh dunia telah mendengar keunggulan sastra Iran dan mereka antusias untuk mempelajari bahasa dan karya-karya sastrawan Iran. Para penyair Iran seperti Ferdowsi, Khayyam, Sa’di, dan Hafez, serta ilmuwan seperti Ibnu Sina, Biruni, Razi, Farabi, telah meninggalkan warisan berupa karya-karya bernilai tinggi dan abadi sehingga mereka menjadi terkenal di dunia dan menarik minat para pencinta sastra untuk mempelajari bahasa Persia.

Dari sisi lain, bahasa Persia sebagai bahasa kedua di dunia Islam dan bahasa budaya dan peradaban Iran-Islami, telah meninggalkan berbagai karya di berbagai bidang seperti relijius, filsafat, irfan, tauhid, dan sejarah. Karya-karya bernilai tinggi itu selalu menjadi pusat perhatian para pencari ilmu-ilmu keislaman. Bahkan banyak kaum muslim dari berbagai penjuru dunia yang mempelajari Islam dan ilmu-ilmu keislaman melalui bahasa Persia. Pada saat ini, bahasa Persia dipelajari di berbagai universitas, pusat-pusat keilmuan dan budaya, serta pusat-pusat kajian sastra di banyak negara di dunia.

Pada saat yang sama, Kementerian Budaya dan Pendidikan Islam serta Lembaga Budaya dan Hubungan Islami Iran juga mengadakan berbagai kursus bahasa Persia di berbagai negara. Kedua badan ini juga berperan dalam menyebarluaskan bahasa Persia dan memperkenalkan bahasa ini kepada para pemerhati dan peminat bahasa ini. Universitas-universitas di Iran juga memberikan kemudahan bagi orang-orang asing untuk menuntut ilmu di bidang bahasa dan sastra Persia.

Karena panjangnya sejarah bahasa Persia, wajar bila terjadi banyak perubahan dalam bahasa ini. Proses perubahan ini sejak awal terjadi dalam bahasa lisan, sehingga dewasa ini, dikenal dua jenis bahasa Persia, yaitu bahasa lisan dan bahasa tulisan. Berbicara dalam bahasa Persia memiliki perbedaan dengan menulis atau membaca. Perbedaan itu terdapat dalam sisi pengucapan, kosa kata, dan tata bahasa. Dengan memperhatikan perbedaan ini, kami akan menyampaikan pelajaran bahasa Persia untuk Anda secara bertahap. Tahap pertama adalah pelajaran bahasa lisan. Target kami, setelah menyelesaikan pelajaran ini, Anda dapat melakukan percakapan dalam bahasa Persia dan dapat memahami perkataan orang lain dalam bahasa Persia. Setelah itu, barulah kami akan mengajarkan bahasa penulisan dalam bahasa Persia.

Sumber Belajar Bahasa Farsi :http://indonesian.irib.ir/

Pelajaran:

Farsi (1)

Farsi (2)

2 Comments

2 thoughts on “Farsi (Persia)

  1. rini widiastuty hakim

    bagaimana cara mudah untuk belajar bahasa farsi…???

    • zarpatista

      klo belajar bahasa farsi sy juga msh belajar……di blog ini hanya sharing aja mba,mudah2an bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: