Qatar: Negara Kerdil yang Akan Terhempas

Koran Le Monde menulis, Qatar sebagai negara kecil dan kerdil yang terbentuk secara isidentil dalam perjalanan sejarah, kini terjun dalam transformasi di berbagai negara dan menghadapi dampak kotra produktif akibat politik-politik muluknya.

Fars News (4/3) melaporkan, Le Monde dalam artikel yang ditulis oleh Benjamin Barthe menyebutkan, Syeikh Hamad bin Khalifa al-Thani, Emir Qatar, yang kini negaranya telah merambah kancah bursa investasi di Eropa, masih belum puas di bidang penanaman modal. Akan tetapi di bawah bayang-bayang politik muluk-muluknya itu, Qatar lambat atau cepat akan kembali terhempas ke posisinya semula.

Qatar yang kecil, 85 persen pendudukanya bukan asli pribumi, tengah menggulirkan politik intervensif di semua sektor dan bahkan di kancah transformasi negara-negara Arab. Seperti pengiriman pesawat dan pasukan ke Libya dan juga tuduhan terhadap Suriah. Dengan lengan medianya yaitu Aljazeera, tengah menempuh jalur kebijakan yang tidak jelas.

Emir Qatar telah menjalin hubungan diplomatik dengan Israel pada era 90-an dan pada tahun 2003, ia membuka pintu negaranya untuk pasukan AS, dan menjadi jalur lalu-lintas operasi militer Amerika Serikat ke Afghanistan dan Irak.

Barthe berpendapat bahwa bersamaan dengan transformasi penting di dunia Arab, Qatar menggunakan kesempatan itu untuk tampil dan mengisi kekosongan di kancah politik negara-negara Arab. Syeikh Hamad yang tidak tertarik pada demokrasi, menaruh perhatian besar untuk tampil dalam sejarah regional dengan bantuan propaganda Aljazeera.

Intervensi Qatar telah menimbulkan kemarahan di dunia Arab. Sebagai contoh kunjungan Emir Qatar ke Tunisia memantik penentangan luas warga karena mereka menilai Syeikh Hamad sebagai antek-antek Amerika SErikat dalam makar Timur Tengah Baru. Emir Qatar juga ditolak oleh sejawatnya asal Mauritania dalam kunjungannya ke negara itu.

Koran itu menyebutkan, “Untuk menampilkan diri sebagai pahlawan demokrasi, Emir Qatar mengumumkan pelaksanaan pemilu parlemen pada tahun 2013… hasil kontra produktif dari aksi-aksi Emir Qatar itu akan dirasakan oleh seluruh anggota keluarga besar al-Thani.”

Categories: Hubungan Internasional | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: