NAM: Kekuatan Defensif Udara Iran Semakin Kokoh

Kantor berita Gerakan Non-Blok (NAM) hari ini (1/10) menurunkan laporan menyinggung pertahanan udara yang dilengkapi dengan sistem rudal Mersad menyatakan bahwa pelengkapan sistem pertahanan udara dengan rudal canggih produksi dalam negeri itu, memperkokoh kekuatan defensif Iran.

Sebagaimana dilaporkan IRNA, dalam laporan itu ditambahkan pula, Iran melengkapi seluruh sistem pertahanan udaranya dengan sistem rudal baru produksi dalam negeri [Mersad] dalam jumlah besar dalam rangka meningkatkan kemampuan defensif negara ini dalam menghadapi serangan udara musuh.

Kantor berita NAM menyebutkan bahwa sistem rudal baru jarak menengah Mersad itu, menggunakan sistem canggih yang sepenuhnya diproduksi di dalam negeri oleh para ahli dan teknisi Iran dengan tujuan meningkatkan kekuatan defensif negara ini.

Sistem rudal baru itu telah melalui berbagai ujicoba medan dan menjadi bagian dalam jaringan sistem pertahanan terpadu Iran.

Sistem rudal Mersad dilengkapi dengan rudal Shahin yang mampu mengejar target di ketinggian 70 hingga 150 kilometer.

Sumber itu menegaskan, “Pada bulan April lalu, Iran juga berhasil mengujicoba rudal Shalamcheh dan Shahin, tipe rudal pada ketinggian menengah dan rendah.”

Iran Pamerkan 16 Sistem Strategis di Pekan Pertahanan Suci

Republik Islam Iran memerkan 16 sistem strategis di hari kelima Pekan Pertahanan Suci di Shiraz yang dihadiri Menteri Pertahanan Ahmad Vahidi.

Ahmad Vahidi Senin (26/9) di Shiraz menandaskan, sistem ini merupakan sistem utama di badara udara yang mampu mengontrol pesawat dari jarak 30 km hingga mendarat.

Ia menambahkan, sistem Taken Trans Finder termasuk salah satu sistem yang dipamerkan kali ini. Sistem ini menurutnya memiliki keunggulan lebih dengan kemampuannya mengontrol pesawat hingga 400 km dan senantiasa menghubungkan jarak pesawat dan arah pesawat dengan stasiun di bumi.

Ahmad Vahidi menegaskan, sistem ini dirancang bergerak. Selain dapat dipasang di bandara udara permanen juga dapat digunakan di lapangan terbang sementara dan darurat di setiap wilayah Iran.

(IRIB/MZ/MF)

Categories: Hubungan Internasional, Militer | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: