Setelah Tujuh Tahun, Amerika Sebut Jundullah Kelompok Teroris

Abdolmalek Rigi (saat di tangkap)- pimpinan kelompok teroris Jundullah yang beroperasi di timur Iran berhasil ditangkap 23 Februari lalu.

 

 

Setelah tujuh tahun, akhirnya terlintas di benak para pejabat Amerika Serikat untuk memasukkan kelompok teroris Jundullah ke dalam daftar hitam kelompok teroris. Demikian dilaporkan kantor berita INN (4/11).

Padahal pada masa hidup dan aktivitas gembong Jundullah, Abdolmalek Rigi, Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat terbukti memberikan bantuan informasi dan dana besar kepadanya.

Kini tiba-tiba Amerika Serikat menambahkan Jundullah ke dalam daftar kelompok teroris setelah jaringan teroris itu berhasil dibredel oleh Iran.

“Jundullah telah terlibat dalam berbagai serangan mematikan terhadap para pejabat dan warga sipil Iran, terutama di provinsi Sistan-Baluchestan Iran,” tegas Departemen Luar Negeri AS Rabu (3/11).

Dalam statemennya itu, Kementerian Luar Negeri Amerika menambahkan, “Jundullah menggunakan berbagai taktik teroris, termasuk pemboman bunuh diri, penyergapan, penculikan dan pembunuhan berencana.”

Jundullah, yang beroperasi di-Sistan-Baluchestan, Iran dan di Propinsi Baluchestan, Pakistan, telah melancarkan sejumlah serangan terhadap para pejabat dan warga sipil Iran.

Gembong Jundullah, Abdolmalek Rigi, berhasil dibekuk oleh pasukan intelijen Iran pada Februari 2010 dan dieksekusi Juni lalu atas 79 tindak kriminal, termasuk pembunuhan, perampokan bersenjata, operasi pengeboman dan serangan bersenjata terhadap warga sipil dan aparat Iran.

Dalam proses interogasi, Rigi memaparkan perincian dialognya dengan perwakilan AS yang menawarkan dukungan keuangan dan senjata sebagai imbalan dari aksinya menebar instabilitas di Iran.

Pada tahun 2007, ABC News Amerika melaporkan bahwa Jundullah “telah secara terselubung didorong dan dibimbing para pejabat Amerika” untuk mengacaukan kondisi di Iran. (IRIB/MZ/SL)

Categories: Hubungan Internasional | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: