Graham: Kami Akan Dukung Obama Jika Lebih Keras Terhadap Iran

 

Washington, IRIBNews–Amerika Serikat (AS) sepertinya tengah bersiap-siap untuk berhadapan dengan Cina terkait kasus nilai mata uang Beijing, Yuan. Hal ini dikemukakan oleh Senator Lindsey Graham dari kubu Republik.

“AS yang berada di kondisi sulit karena kemungkinan akan berperang dengan Iran karena kasus senjata nuklir Tehran juga dihadapkan pada kenyataan sikap Cina yang tidak bersedia memperbaiki nilai mata uangnya,” demikian ditandaskan Lindsey Graham seperti dilaporkan AFP dan dinukil Fars News Sabtu (6/11).

Dalam pidatonya di Konferensi Keamanan Internasional Halifax di Kanada, Graham mendukung tindakan keras dan brutal terhadap Iran. “Jika Obama berniat bertindak lebih dari sekedar penjatuhan sanksi terhadap Iran, maka saya kira ia akan memperoleh dukungan mayoritas kubu Republik dan Tehran tidak akan mungkin mampu mengembangkan senjata nuklirnya,” ungkap Graham.

Senator dari kubu Republik AS yang negaranya sebagai pemilik gudang nuklir terbesar di dunia mengklaim bahwa Iran jangan diperbolehkan mengembangkan senjata nuklir. Padahal aktivitas nuklir Iran sepenuhnya berada di bawah kontrol Badan Energi Atom Internasional (IAEA) dan tidak menyimpang ke arah militer. Di sisi lain, petinggi Iran berulangkali menegaskan tidak ada minat bagi Tehran untuk memperoduksi senjata nuklir dan program nuklir negara ini sepenuhnya demi kepentingan damai.

Graham menambahkan, bahwa AS tengah memasuki era perang baru dengan Cina karena kasus nilai mata uang Beijing, Yuan. Barat dan AS yang tengah dilanda krisis ekonomi berulangkali meminta Cina untuk menambah nilai mata uangnya.

Para anggota Kongres AS mengklaim bahwa nilai Yuan mengalami penurunan yang drastis dan menyebabkan rusaknya perimbangan perdagangan dunia.

Selama beberapa pekan terakhir berbagai negara termasuk Jepang dan Kolombia menurunkan nilai mata uangnya untuk menggenjot volume ekspornya. Hal ini kian menambah kekhawatiran soal perang mata uang. (IRIB/Fars/MF)

Categories: Hubungan Internasional | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: