Blix: Senjata Nuklir Iran Tidak akan Mengancam Kawasan

 

Mantan ketua komisi perlucutan senjata destruksi massal Amerika, Hans Blix menyatakan, “Pencapaian senjata nuklir oleh Republik Islam Iran tidak akan mengancam kawasan.”

Hal itu dikemukakan kemarin (Kamis, 4/11) oleh Blix di sebuah konferensi bertajuk “Perlucutan senjata nuklir, kekuatan nuklir, kemungkinan dan harapan” yang berlangsung di Istanbul, Turki.

IRNA hari ini (5/11) melaporkan, Blix mengatakan, “Realisasi dialog pertama dengan Iran sangat memuaskan dan dalam waktu singkat harus dilakukan tawar-menawar.”

Menyinggung selama ratusan tahun, jutaan manusia telah kehilangan nyawa mereka dalam mewujudkan perdamaian, Blix mengatakan, “Yang terbaru di Irak kita menyaksikan melayangnya ratusan ribu warga .”

Lebih lanjut Blix menjelaskan bahwa dunia sedang mengalami perubahan dan tuntutan pun ikut berubah. Dunia sedang beranjak keluar dari sistem “penjagaan militer”.

Seraya menekankan pentingnya upaya kolektif seluruh negara untuk mencari solusi setiap masalah, Blix menegaskan, “Perang Dingin merupakan sebuah fenomena berbahaya, namun meski demikian para kekuatan adidaya pun menunjukkan bahwa mereka dapat mencapai kesepakatan.”

“Saya berpendapat bahwa pencapaian Republik Islam Iran pada senjata destruksi massal tidak akan mengancam kawasan, mengingat negara-negara yang memiliki senjata tersebut juga mengacu pada tujuan keamanan.”

Namun, para pejabat Tehran berulangkali menekankan bahwa Republik Islam Iran tidak memerlukan senjata destruksi massal untuk menjamin keamanannya. Selain penggunaan senjata tersebut dilarang oleh agama, senjata itu juga terbukti tidak menyelesaikan krisis global.

Presiden Republik Islam Iran, Mahmoud Ahmadinejad 8 September lalu dalam wawancaranya dengan televisi Nova TV Belanda menjawab pertanyaan soal mengapa Iran tidak mengacu pada senjata nuklir di saat rezim Zionis Israel dan sejumlah negara tetangga memiliki senjata destruksi massal tersebut.”

Iran, menurut Ahmadinejad menolak bom nuklir karena dua alasan. Pertama karena senjata destruksi massal itu adalah senjata pemusnah paling mengerikan yang sama sekali tidak sesuai dengan parameter kemanusiaan. Kedua, hubungan internasional tidak memerlukan bom atom, karena selain tidak berguna juga hanya memperuncing friksi.(IRIB/MZ/SL)

Categories: Hubungan Internasional | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: