Lintas Sejarah 1 September

Ali bin Abi Thalib a.s., Gugur Syahid
21 Ramadhan tahun 40 Hijriah, Ali bin Abi Thalib a.s., gugur syahid. Imam Ali a.s. adalah salah satu Ahlul Bait dan khalifah penerus risalah rasulullah SAWW. Dua hari sebelum gugurnya beliau, di saat sedang menunaikan sholat subuh di Masjid Kufah, seorang khawarij bernama Ibnu Muljam mengayungkan pedangnya dan melukai kepala suci Imam Ali a.s. Selama dua hari, Imam Ali terbaring sakit akibat lukanya yang amat parah dan pada tanggal 21 Ramadhan, beliau berpulang ke rahmatullah.
Gugurnya Imam Ali a.s. memberikan pukulan besar bagi Islam dan kaum muslimin. Beliau adalah seorang khalifah yang sangat mulia, memimpin pemerintahan Islam dengan penuh keadilan, dan menjadi orang terdepan dalam melawan kezaliman. Kemuliaan Imam Ali bisa dilihat dalam catatan khutbah-khutbah beliau yang terkumpul dalam Nahjul Balaghah. Ucapan-ucapan Imam Ali selalu penuh hikmah, panduan akhlak, dan makrifat irfani.
Di antara isi Nahjul Balaghah adalah wasiat Imam Ali a.s kepada putra-putranya, sbb. “Kalian dan keluargaku, serta siapa saja yang mendengar pesanku ini, aku mewasiatkan agar selalu bertakwa dan disiplin dalam setiap pekerjaan kalian. Peliharalah anak-anak yatim, berbuat baiklah kepada tetangga, sebagaimana yang dulu juga dipesankan oleh Rasulullah sampai-sampai beliau mengira para tetangga akan saling mewarisi. Janganlah menjauh dari Al-Quran dan jangan biarkan orang lain mendahului kalian dalam mengamalkan Al-Quran. Dirikanlah sholat dengan sebaik-baiknya karena sholat adalah tiang agama.”

Menara Pisa Mulai Dibangun
836 tahun yang lalu, tanggal 1 September 1174, dimulai pembangunan menara Pisa di kota Italia. Tujuan pembangunan menara ini adalah untuk menempatkan sebuah jam besar di atas menara tersebut. Namun, beberapa lama setelah pembangunan dimulai, ternyata menara setinggi 55 meter itu melenceng dari garis lurus sepanjang 5 meter. Oleh karena itulah menara ini disebut sebagai menara miring Pisa. Hingga kini, atas usaha para insinyur dan para ahli berbagai negara, kemiringan menara ini telah diperbaiki sampai batas-batas tertentu.

Perang Dunia II Dimulai
71 tahun yang lalu, tanggal 1 September 1939, dengan serangan tentara Nazi Jerman ke Polandia, Perang Dunia Kedua dimulai. Hitler dalam masa kekuasaannya di Jerman, dengan memanfaatkan nasionalisme rakyatnya yang kalah dalam Perang Dunia Pertama, telah memperkuat pasukan dan persenjataan negara ini. Hitler menjustifikasi aksi perluasan kekuasaannya dengan bersandar kepada pemikiran rasialismenya. Dalam waktu singkat, tentara Jerman berhasil menguasai sebagian besar kawasan eropa dan sebagian utara Afrika.
Sementara itu, Italia dan Jepang, dua sekutu Jerman dalam Perang Dunia Kedua, juga menguasai wilayah lain di Afrika dan Asia. Namun, sejak awal tahun 1943, setelah tentara Jerman menghadapi pelawanan kuat rakyat Soviet, mereka mulai mengalami kekalahan beruntun sampai akhirnya menyerah tanpa syarat di bulan Mei 1945. Jepang masih meneruskan peperangan yang juga berakhir dengan penyerahan tanpa syarat setelah kota Hiroshima dan Nagasaki dibom oleh Amerika pada bulan Agustus 1945.Perang Dunia Kedua ini telah menyebabkan 40 juta orang tewas terbunuh dan mengakibatkan kerugian milyaran dolar di berbagai negara.

Konferensi Pertama GNB Diadakan
49 tahun yang lalu, tanggal 1 September 1961, diselenggarakan konferensi pertama para pemimpin negara-negara non-blok di Beograd, Yugoslavia. Konferensi yang dihadiri oleh 25 pejabat berbagai negara ini diadakan untuk membentuk organisasi non-blok yang bertujuan melindungi negara-negara dunia ketiga dari perseteruan antara Blok Barat dan Blok Timur. Syarat terpenting keanggotaan dalam organisasi ini adalah tidak memiliki keanggotan tetap dalam perjanjian-perjanjian keterikatan dengan negara-negara superpower Barat atau Timur. Sejak awal, organisasi ini telah memiliki dua kelompok. Kelompok revolusioner yang dipimpin Tito, presiden Yugoslavia dan Ahmad Sukarno, presiden indonesia, menghendaki perjuangan yang konsisten melawan imperialisme. Kelompok ini juga didukung Nehru dari India. Sementara itu, kelompok lainnya cenderung konservatif dan masih menginginkan adanya hubungan baik dengan negara-negara superpower.
Hingga kini, perbedaan pendapat dalam organisasi non-blok masih terus berlangsung. Hal ini menyebabkan organisasi ini tidak mampu menjadikan diri sebagai kekuatan penentang kekuasaan-kekuasaan besar dunia yang konfrontatif.

Qaddafi Berkuasa di Libya
41 tahun yang lalu, tanggal 1 September 1969, dengan melakukan sebuah kudeta, Muammar Qaddafi meraih kekuasaannya di Libya. Sebelumnya, Libya adalah sebuah negara monarki. Pada saat Raja Idris Pertama menjalani pengobatan di Turki, sekelompok perwira muda yang dipimpin oleh Muammar Qadafi melakukan kudeta untuk menyingkirkan raja tersebut. Libya pun kemudian dijadikan negara sosialis yang pro Soviet. Pangkalan-pangkalan militer Inggris dan AS di Libya pun dibubarkan serta beberapa industri minyak dan perbankan Libya dinasionalisasi.

Syaikh Hurr Al-Amili Wafat
21 Ramadhan 1104 Hijriah, Syaikh Hurr Al-Amili, seorang ulama dan ahli hadis terkenal Libanon, meninggal dunia. Beliau dilahirkan pada tahun 1033 dan hingga usia 40 tahun, beliau menuntut ilmu dari ulama-ulama Libanon. Setelah itu, Syeikh Hurr Al-Amili pergi ke kota Mashad, Iran dan di sana beliau mengajar agama dan menjadi hakim selama 24 tahun. Karya tulis terpenting Syeikh Amili adalah “Wasailus-Syiah” yang menjadi salah satu rujukan utama dalam bidang fiqih dan hadis. Karya lain beliau berjudul Al-Jawahirus Saniyyah fil Ahaditsil Qudsiyyah”.

Categories: SEJARAH | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: