Hari Quds Bukan Hanya untuk Umat Islam, Melainkan Seluruh Manusia

Anggota Kristen parlemen Lebanon, Nabil Nequla mengatakan, Hari Quds, bukan hanya khusus untuk orang-orang Muslim, melainkan milik semua umat manusia dari berbagai agama dan mazhab.

IRNA melaporkan dari Beirut (1/9), anggota fraksi Perubahan dan Reformasi di parlemen Lebanon ini lebih lanjut mengatakan, “Imam Khomeini ra adalah orang pertama yang menyerukan Hari Quds dan menyatakan bahwa bulan ini adalah kunci rahasia bagi seluruh agama langit.

“Meski dari sisi geografis, kota Quds merupakan bagian dari bumi Palestina pendudukan, namun Hari Quds adalah hari milik seluruh dunia,” katanya.

Menurutnya, Quds adalah simbol sempurna bagi seluruh agama langit dan penamaan Hari Quds adalah dalam rangka pengingatan kepada seluruh umat manusia bahwa terdapat masalah penting yang harus diperhatikan, yaitu krisis Palestina.

Dikatakannya, “Lembaga-lembaga internasional telah menistakan krisis Palestina.”
Seraya mengkritik kebijakan sejumlah negara Arab, Nequla mengatakan, “Ketika kita berbicara tentang negara-negara Arab, maka kita melupakan, agama dan politik. Negara-negara tersebut menggunakan agama hanya sebagai alat.”

Lebih lanjut dijelaskannya, “Negara-negara tersebut telah menjauh dari agama dan benar ucapan Khalil Gibran bahwa terdapat banyak agama untuk bangsa-bangsa, namun, sedikit sekali di antara mereka yang beragama.”

Seraya menekankan pentingnya Hari Quds, Nequla juga menandaskan, “Seruan Hari Quds oleh Imam Khomeini ra bertujuan memperingatkan dunia atas upaya judaisasi Quds oleh rezim Zionis Israel.

Gerakan Global Pemusnahan Zionis Makin Kokoh

Asosiasi Iran untuk Pembebasan al-Quds (Yerusalem) mengecam Barat dan Amerika Serikat atas dukungan mereka terhadap Israel, seraya menekankan bahwa gerakan global untuk memusnahkan rezim Zionis Israel semakin kokoh.

Dua hari menjelang pelaksanaan Hari Quds Sedunia, asosiasi Iran itu hari ini (1/9) merilis statemen yang berisi keterangan bahwa, “AS dan Uni Eropa, sebagai sekutu setia rezim penjajah Zionis serta sejumlah negara Arab dan sebagian pemerintah Muslim yang secara terbuka maupun sembunyi-sembunyi mendukung rezim ilegal Israel itu, merupakan partner dalam setiap kejahatan Zionis terutama penindasan atas rakyat Palestina.”

Hari Quds Sedunia diprakarsai oleh pendiri pemerintah Islam Iran, Imam Khomeini ra, dan dilaksanakan di setiap hari Jumat terakhir bulan suci Ramadhan. Imam Khomeini menyeru umat Islam di seluruh penjuru dunia untuk berunjuk rasa mendukung muqawama Palestina.

Dalam pernyataannya, asosiasi tersebut juga mengutuk upaya pengkhianatan dan kompromi oleh Amerika Serikat dalam menggiring Palestina ke meja perundingan dengan Israel.

“Namun, di sisi lain dari tanah Palestina, ada gerakan perlawanan dari generasi baru yang tanpa pamrih bangkit melawan penjajah rumah dan tanah air mereka.”

“Generasi ini telah mampu memenangi opini publik di lima benua untuk ikut mendukung pembebasan seluruh Palestina dan kembalinya jutaan warga Palestina kembali ke tanah air mereka. Generasi ini pula yang telah memperkokoh tekad internasional untuk memusnahkan Israel.”

Asosiasi berbasis di Tehran itu juga menegaskan bahwa para penentu kebijakan Israel dan perencananya telah menyadari bahwa pasca perang 33 hari dengan Hizbullah Lebanon dan serangan 22 hari militer Zionis ke Gaza, alarm bahaya bagi eksistensi Zionis telah berdering keras.”

Di akhir statemennya, asosiasi ini menyeru umat Islam di seluruh dunia khususnya warga Iran untuk berpartisipasi aktif dan besar-besaran dalam demonstrasi Hari Quds Sedunia.

(IRIB/MZ/RM)

Categories: Hubungan Internasional | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: