Lintasan Sejarah 30 Agustus

Pukulan Pedang terhadap Imam Ali a.s.
19 Ramadhan tahun 40 Hijriah, Ali bin Abi Thalib a.s., menantu, sepupu, dan orang terdekat Rasululalh SAWW, ketika sedang melaksanakan shalat di Masjid Kufah, dipukul dengan pedang oleh seseorang bernama Abdurahman bin Muljam Al-Muradi. Kepala Imam Ali terluka parah akibat pukulan ini dan tiga hari kemudian, beliau gugur syahid. Setelah Rasululah SAWW, Ali a.s. adalah orang yang paling besar keberanian, iman, dan zuhudnya, serta paling tinggi ilmu dan keadilannya, dan paling mulia akhlaknya dalam sejarah Islam. Ali dibesarkan dan dididik dengan nilai-nilai Ilahiah oleh Rasulullah SAWW. Dia memeluk Islam sejak masa kanak-kanaknya dan merupakan lelaki pertama yang memeluk agama Ilahi ini. Dia selalu mendampingi Rasulullah di dalam menjalankan dakwah Islam dan selalu hadir membela Rsulullah dalam berbagai peperangan melawan kaum musyrikin. Selain itu, Imam Ali a.s. dikenal berhati lembut dan amat menyayangi anak-anak yatim.

Imam Ali adalah seorang pemimpin yang sangat adil, sampai-sampai beliau pernah bersabda, “Demi Allah, biarpun aku harus dibaringkan dengan tanpa pakaian di atas duri-duri padang pasir atau diseret dengan rantai di atas tanah, semua itu lebih baik bagiku daripada aku harus menghadap Allah dan rasul-Nya dalam keadaan aku pernah menzalimi hamba-hamba-Nya.”

Nicolas Conte Ciptakan Pensil
220 tahun yang lalu, tanggal 30 Agustus 1790, pensil berhasil diciptakan oleh Nicolas Conte dari Jerman. Dia menggunakan sejenis batu bernama grafit dan untuk mencegah tangan menjadi kotor akibat terkena grafit, dia meletakkan batu itu di tengah sepotong kayu. Dewasa ini, salah satu jenis pensil yang digunakan untuk menggambar dinamakan sebagai pensil Conte.

Ernest Rutherford Lahir
139 tahun yang lalu, tanggal 30 Agustus 1871, Ernest Rutherford, ahli fisika Inggris terlahir ke dunia di New Zealand. Dia melakukan penelitian mengenai sinar radiasi dan berhasil menemukan sinar alpha, gamma, dan betha. Rutherford meninggal dunia pada tahun 1937.

Muhammad Jawad Bahonar Gugur
29 tahun yang lalu, tanggal 30 Agustus 1981, Muhammad Ali Rejai, Presiden Iran dan Muhammad Jawad Bahunar, Perdana Menteri Iran pada waktu itu, gugur syahid akibat ledakan bom di kantor Perdana Menteri di Teheran. Peledakan bom ini dilakukan oleh kelompok teroris Mujahidin Al-Khalq.
Syahid Rejai memulai aktivitas sosialnya dengan menjadi guru. Bersamaan dengan melakukan tugasnya sebagai guru, beliau juga aktif berjuang melawan rezim despotik Syah Pahlevi. Akibatnya, Rejai harus berkali-kali dipenjara dan mengalamai berbagai kesulitan besar. Setelah kemenangan revolusi Islam dan Republik Islam Iran berdiri, Rejai menjabat posisi menteri pendidikan dan pengajaran, anggota Majelis Perwakilan Islami, perdana menteri, dan terakhir menjadi presiden. Ketika Syahid Rejai menjabat sebagai presiden, posisi perdana menteri dipegang oleh Doktor Bahunar. Doktor Bahunar adalah seorang ruhaniwan Islam dan pejuang garis depan dalam melawan rezim Syah.
Setelah syahidnya kedua pemimpin besar Iran yang sangat dikenal keikhlasan dan kerendah-hatiannya ini, Imam Khomeini menyatakan, “Keutamaan kedua syahid ini adalah karena mereka pemimpin yang selalu bersama dengan rakyatnya.”

Naji Ali Gugur
23 tahun yang lalu, tanggal 30 Agustus 1987, Naji Ali, seorang desainer dan karikaturis terkenal Palestina gugur syahid. 38 hari sebelumnya, yaitu tanggal 22 Juli 1987, Naji Ali diteror oleh agen mata-mata Israel, Mosad di kantornya di kota London. Setelah 38 hari koma, Naji Ali akhirnya gugur syahid. Naji Ali dilahirkan pada tahun 1937 di Palestina dan pada masa kecilnya, akibat represi rezim Zionis, dia dan keluarganya harus tinggal di daerah pengungsian “Ainul Halwa” di selatan Libanon. Dengan kemampuannya yang besar di bidang desain dan karikatur, Naji Ali berjuang untuk membuka mata dunia mengenai kekejaman rezim Zionis. Enam bulan kemudian, Organisasi Penerbit Internasional menganugerahkan hadiah “Pena Emas Perdamaian” kepada Naji Ali.

Republik Azerbaijan Merdeka
19 tahun yang lalu, tanggal 30 Agustus 1991, Republik Azerbaijan mengumumkan kemerdekaannya dari Uni Soviet. Sejak abad ke-3, Azerbaijan dikuasai oleh Dinasti Sasani Iran. Pada awal abad ke-19, bagian utara Azerbaijan dikuasai Rusia setelah terjadi perang antara Iran dengan Rusia yang berakhir dengan kekalahan Iran. Pada tahun 1920-an, negara ini dijadikan bagian dari Uni Soviet. Setelah keruntuhan Uni Soviet, Azerbaijan memisahkan diri dan menjadi negara independen.
Republik Azerbaijan terletak di tepi laut Kaspia, memiliki luas wilayah 86.600 kilometer persegi, dan bertetangga dengan Iran, Armenia, Georgia, dan Rusia.

Timor Timur Berpisah dari Indonesia
11 tahun yang lalu, tanggal 30 Agustus 1999, Timor Timur menjadi sebuah negara independen. Kepulauan Tim-tim dan sebagian kepulauan Indonesia lainnya pada tahun 1511 dijajah oleh Potugis. Kemudian, pada pertengahan abad ke-19, Belanda menjajah kepulauan Indonesia kecuali Timtim yang masih tetap dikuasai Portugis. Pada tahun 1945, Indonesia meraih kemerdekaannya sementara Tim-tim masih terus dijajah hingga tahun 1976. Pada tahun itu pula, tentara Indonesia masuk ke Timtim dan memasukkan Timtim ke dalam wilayah Indonesia. Setelah jatuhnya Suharto dari kursi kepresidenan tahun 1998, perjuangan rakyat Timtim semakin menguat dan mendapat dukungan PBB dan negara-negara barat sampai akhirnya berhasil merdeka setelah diadakan referendum.

Jamshid Kashani Wafat
19 Ramadhan 832 Hijriah, Ghiyatsuddin Jamshid Khashani, matematikawan dan ahli astronomi terkenal Iran, meninggal dunia. Dia merupakan penemu banyak alat-alat untuk obeservatorium. Kemahirannya dalam ilmu matematika sedemikian tinggi, hingga dia marumuskan perbandingan dari keliling terhadap garis tengah lingkaran. Jamshid Kashani adalah matematikawan pertama yang meletakkan pecahan desimal. Ilmuwan Iran ini meninggalkan karya-karya penting di bidang matematika dan astronomi, di antaranya berjudul “Kunci Penghitungan” dan “Risalah Alat-Alat Observatorium”.

Categories: SEJARAH | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: