Fox News: AS Serang Irak, Iran Yang Beruntung

Fox News mengutip para analisnya menjelaskan, harus diperoleh jawaban dari pertanyaan mendasar bahwa bagaimana pasca serangan yang kita lancarkan ke Irak, Baghdad yang pernah berperang dengan Iran menjadi sebuah negara Syiah dan sekutu Tehran ?

Menurut laporan situs INN, James Pinkerton, analis AS mengkritik perubahan kinerja Presiden Barack Obama terkait penambahan masa perang Irak serta kian meningkatnya pengaruh Iran di Baghdad.

James Pinkerton dalam wawancaranya dengan Fox News menilai hasil perang di Irak adalah munculnya pemerintahan Syiah yang condong ke Iran. Ia mengingatkan, Obama mengembar-gemborkan kemenangan perang di Irak, namun media harus mengingatkan presiden AS bahwa di saat ia menjabat senator termasuk sosok yang menentang pengiriman pasukan tambahan ke Irak.

Pinkerton menambahkan, Obama yang kita kenal dahulu dengan Obama yang sekarang sangat berbeda. “Di saat George W. Bush masih menjabat presiden, Irak dipimpin oleh rezim tradisional, namun kini pemerintahan tersebut telah berubah menjadi pemerintahan Syiah yang condong ke Iran,” demikian ungkap Pinkerton.

Ia menekankan, pertanyaan mendasar ini harus mendapat jawaban, “Bagaimana mungkin setelah agresi militer AS ke Irak, lantas terjadi perubahan yang sangat besar di mana rezim yang sebelumnya berberang dengan Iran berubah menjadi pemerintahan Syiah yang condong ke Tehran.” (IRIB/INN/MF/SL)

Categories: Hubungan Internasional | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: