Lintas Sejarah 17 Agustus

Indonesia Merdeka
65 tahun yang lalu, tanggal 17 Agustus tahun 1945, rakyat Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya dari penjajahan Belanda. Namun, karena Belanda tidak mengaku proklamasi ini, terjadilah perang kemerdekaan selama empat tahun.
Pada tahun 1947, Belanda melakukan agresi militer pertama dan berhasil kembali menduduki sebagian wilayah Indonesia. Pada bulan Januari tahun 1948, ditandatangani perjanjian gencatan senjata bernama “penjanjian Renville”. Namun, bulan Desember tahun itu pula, kembali Belanda melakukan agresi kedua. Kemudian, atas tekanan PBB, di tahun 1949 Belanda bersedia menghentikan agresinya dan menyerahkan kedaulatan kepada bangsa Indonesia.

Gabon Merdeka
50 tahun yang lalu, tanggal 17 Agustus tahun 1960, Gabon, sebuah negara di bagian barat Afrika, meraih kemerdekaannya. Awalnya, Gabon dijajah oleh Portugis pada akhir abad ke-15. Pada pertengahan abad ke-19, Perancis memasuki wilayah ini.

Pada kongres Berlin, Gabon resmi berada di bawah kekuasaan Perancis sampai akhirnya Gabon meraih kemerdekaannya.Gabon memiliki luas wilayah 267 ribu kilometer persegi dan berbatasan dengan Afrika Tengah, Kongo, Kamerun, dan Ghana.

Pemulangan Terbang Pertama Lintasi Atlantik
32 tahun yang lalu, tanggal 17 Augusts 1978, balon terbang dengan nama The Double Eagle Two menyelesaikan perjalanannya melintasi samudera Atlantik, dari Pulau Praque di Maine, AS, dan mendarat di Paris. Balon terbang yang diisi dengan gas helium itu dipiloti oleh Ben Abruzzo, Maxie Anderson, dan Larry Newman serta terbang selama 137 jam dan melintasi jarak 3233 mil.

Penerbangan manusia pertama dengan menggunakan balon terjadi pada tahun 1780an dengan menggunakan balon yang diisi udara panas, serta diawaki oleh dua orang Perancis, Jacques Ytienne dan Joseph Michel Montgolfier. Kemudian dibuatlah balon dengan diisi gas-gas yang lebih ringan dari udara seperti helium atau hidrogen.

Sejak tahun 1859 hingga penerbangan balon Double Eagle Two berhasil dan bahkan mengakibatkan tewasnya 7 penerbang. Pada tahun 1977, Ben Abruzzo dan maxie Anderson melakukan penerbangan dengan balon Double Eagle One namun gagal, dan akhirnya pada tahun 1978 mereka berhasil mencapai ambisi mereka untuk melintasi atlantik.


Rudolph Hess,Bunuh Diri

23 tahun yang lalu, tanggal 17 Agustus tahun 1987, Rudolph Hess, mantan sekretaris Hitler, bunuh diri di dalam sel penjaranya di Inggris. Hess lahir pada tahun 1894. Pada tahun 1920, dia menjadi anggota partai Nazi dan kenal dekat dengan Hitler, bahkan kemudian diangkat menjadi sekretaris pribadinya. Setelah Partai Nazi meraih kekuasaannya pada tahun 1933, Hess diangkat sebagai deputi pemimpin partai. Dia pun kemudian mengontrol hampir semua bidang di Jerman, termasuk legislatif, yudikatif, dan administrasi negara. Setelah kekalahan Jerman dalam Perang Dunia Kedua, Hess diadili di Pengadilan Penjahat Perang dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.


Pemulangan Pertama Tawanan Iran

20 tahun yang lalu, tanggal 17 Agustus tahun 1990, sekelompok pasukan Iran yang selama ini ditawan oleh Rezim Saddam, untuk pertama kalinya menginjakkan kaki kembali di tanah air mereka. Pertukaran tawanan antara Iran dan Irak ini merupakan realisasi dari resolusi Dewan keamanan PBB nomor 598 mengenai perdamaian kedua negara. Saddam Husain yang saat itu berada dalam tekanan internasional karena agresinya ke Kuwait, setelah menerima perjanjian perbatasan Aljazair tahun 1975, juga bersedia membebaskan tawanan dan mundur total ke wilayah internasional.

Selama perang Iran-Irak dan setelahnya, para tawanan Iran berada dalam penjara yang kondisinya amat mengenaskan. Sebaliknya, para tawanan Irak di Iran diperlakukan sesuai nilai-nilai Islami. Akibatnya, 7000 tawanan Irak di bawah pengawasan Palang Merah Internasional, tidak mau kembali ke Irak dan meminta suaka dari pemerintah Iran. Hari pertama dibebaskannya tawanan Iran ini diperingati setiap tahun dengan nama Hari Pembebasan.

Abu Ali Sallar Wafat
6 Ramadhan 463 Hijriah, Hamzah bin Abdullah Sallar, seorang ulama muslim abad ke-5 Hijriah, meninggal dunia di kota Tabriz, barat daya Iran. Dia dijuluki dengan nama Abu Ali. Abu Ali merupakan salah satu murid terkenal dari Syekh Mufid dan Sayyid Murtadha Alamul Huda, dua ulama besar pada masa itu.

Karya Abu Ali Sallar yang paling terkenal adalah kitab berjudul “Al-Marasim Al-Alawiyah wal Al-Ahkam An-Nabawiyah”. Selain itu, dia juga menulis sepuluh jilid kitab fiqih berjudul “Jawami’ul Fiqih”.

Abu Ya’la Ja’fari Meninggal Dunia
6 Ramadhan 463 Hijriah, Abu Ya’la Ja’fari, seorang ulama terkemuka abad ke-5 Hijriah, meninggal dunia. Dia adalah seorang ahli di bidang fiqih dan teologi dan merupakan wakil dari Syekh Mufid. Beliau merupakan ulama yang sezaman dengan Syaikh Thusi. Karya-karya penulisan beliau, di antaranya berjudul “Miladu Shahibiz Zaman” dan “At-Takmilah”.

Categories: SEJARAH | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: