Foto Facebook Eks Tentara Bikin Gempar

JERUSALEM, KOMPAS.com – Foto-foto di Facebook seorang bekas tentara perempuan Israel yang berpose di depan para tahanan Palestina yang matanya ditutup dan diborgol memicu kegemparan di Israel, Senin.

Televisi publik Israel menyiarkan foto-foto itu dan pihak tentara mengeluarkan pernyataan yang mengutuk “perilaku memalukan” dari perempuan itu, Eden Abargil, yang dikatakan telah menyelesaikan dinas militernya setahun yang lalu.

Abargil mem-posting foto-foto di halaman Facebook-nya yang memperlihatkan tersenyum sementara di latar belakang terdapat tiga tahanan Palestina yang ditutup matanya dan diborgol. Sebuah keterangan pada foto terbaca, “Militer, menjadi waktu terbaik dalam hidup saya.”

Ketua Komite Anti Penyiksaan Israel, Yishai Menuchim, dalam sebuah pernyataan mengatakan, “Hal itu mencerminkan sebuah sikap yang telah menjadi norma dan memperlakukan orang Palestina sebagai obyek, tidak sebagai manusia. “

“Foto-foto itu membuktikan kejiwaan dan cara pandang para penjajah dalam menyiksa warga Palestina,” tegasnya. Khatib menambahkan, “Penjajahan ini tidak adil dan tidak bermoral. Untuk itu gambar-gambar seperti inipun dipublikasikan yang menjadi bukti problema kejiwaan yang sangat parah, termasuk aksi-aksi pelecehan seksual.”

Berdasarkan laporan ini, gelombang protes segera bermunculan yang memaksa militer Zionis Israel mengeluarkan pernyataan mengritik tentara wanita ini dan menyebut foto-foto itu sebagai “skandal memalukan”. Namun diujung pernyataannya, militer Zionis Israel menyebut masa wajib militer wanita ini telah selesai dan tidak jelas apakah para komandan militernya dapat mengajukan pengaduan atau tidak.

Tentara wanita Israel ini mempublikaskan sebanyak 26 fotonya selama menjalani wajib militer di laman facebooknya. Foto-foto itu dimuat dalam album bertitel “Militer; Hari-Hari Terbaik dalam Hidupku”. Dua foto yang menjadi berita kontroversial termasuk dari ke-26 foto-foto itu.

Namun yang menarik, setelah kritikan militer Zionis Israel terhadap tentara wanita ini, wanita itu justru mengatakan kecewa mengabdi di militer dan menyebut militer Zionis Israel sebagai militer terburuk di dunia.

Daily Telegraph dalam laporannya melanjutkan, “Publikasi gambar-gambar ini tidak kurang buruknya dari perilisan gambar-gambar para tahanan Abu Ghuraib di Irak. Karena tentara Amerika juga melakukan pelecehan seksual terhadap para tahanan Irak.”

(IRIB/SL/MZ)

Categories: Hubungan Internasional | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: