Lintas Sejarah 16 Agustus

Cyprus Merdeka
50 tahun yang lalu, tanggal 16 Agustus tahun 1960, kepulauan Cyprus setelah bertahun-tahun dilanda kerusuhan, akhirnya mencapai kemerdekaannya. Sampai tahun 1878, Cyprus dikuasai oleh imperium Utsmani dan pada tahun itu pula, dalam kongres Berlin, imperium Utsmani menyerahkan Cyprus kepada Inggris. Pada tahun 1925, Cyprus resmi menjadi koloni Inggris.

Sejak saat itu, orang-orang Yunani di Cyprus yang merupakan 75 persen dari populasi kepulauan ini, menuntut agar Cyprus bergabung dengan Yunani. Akibatnya, situasi politik di Cyprus menjadi kacau dan akhirnya terbentuklah dewan legislatif di sana.

Di pihak lain, pernyataan Turki yang akan melindungi hak-hak orang Turki di kepulauan itu, semakin memanaskan situasi. Akhirnya, masalah Cyprus oleh uskup Makarius dibawa ke PBB dan negara ini kemudian meraih kemerdekaannya pada tahun 1960.

Pemerintahan Cyprus berbentuk republik dan uskup Makarius menjadi presiden pertama negara ini. Namun, kemerdekaan ini ternyata tidak membawa ketenangan di negeri ini. Pada tahun 1974, Turki menyerang Cyprus dan menduduki wilayah utara negara ini. Kini, secara praktis, Cyprus terbagi dua bagian, yaitu daerah pendudukan Turki di utara dan daerah pendudukan Yunani di Selatan.

Cyprus terletak di tepi Laut Mediterania, di sebelah selatan Turki dan memiliki luas wilayah 9251 kilometer persegi.

Louis Agasis Lahir
203 tahun yang lalu, tanggal 16 Agustus tahun 1807, Louis Agasis, seorang arkeolog Swiss, terlahir ke dunia. Dia banyak melakukan pnelitian dan penelahaan mengenai fosil-fosil dan pengaruh pembekuan di dalam planet bumi. Penelitiannya memberikan peran yang sangat banyak dalam penemuan para arkeolog penerusnya. Agasis meninggal tahun 1873.

Raja Maroko Di serang oleh AU Maroko

38 tahun yang lalu, tanggal 16 Augustus 1972, Raja Hasan ll dari Maroko diserang secara tidak sengaja oleh pesawat tempur Maroko, namun berhasil selamat. Para tentera angkatan udara yang melakukans serangan itu kemudian diadili oleh mahkamah militer. Raja Hassan ll diangkat sebagai raja pada tahun 1961 menggantikan ayahnya Raja Muhammad V.

Pada tahun 1965, terjadi kerusuhan politik yang membuat Raja Hassan mendeklarasikan situasi dardurat dan dia mengambil alih penuh kekuasaan eksekutif dan legislatif. Pada akhir tahun 1960an, Parlemen Maroko kembali dibentuk, namun akhirnya pada tahun 1970, Raja Hasan ll kembali menyatakan situasi darurat dan mengambil alih kekuasaan parlemen.

Dalam politik luar negerinya, Raja Hassan ll mengambil sikap netral, dengan menerima bantuan dari barat dan sekaligus dari negara-negara komunis, serta menjalin kerjasama dengan Israel. Raja Hassan ll berkuasa di Maroko selama 38 tahun, sampai ia meninggal dunia pada tahun 1999.

Al Gore Dinominasikan Sebagai Capres

10 tahun yang lalu, tanggal 16 Augustus 2000, Konvensi Nasional Partai Demokrat yang dilangsungkan di Los Angeles secara resmi menominasikan Al Gore sebagai calon presiden. Namun, dalam pemilu yang dilangsungkan pada tanggal November tahun 2000, Al Gore dikalahkan secara kontroversial oleh calon presiden dari Partai Republik, George W.Bush.

Kasus kecurangan dalam penghitungan suara yang terjadi di Negara Bagian California yang gubernurnya adalah Jed Bush, adik George W. Bush, kemudian diserahkan kepada pengadilan AS. Namun pengadilan memutuskan untuk menyerahkan kemenagnan kepada Bush.

Al Gore yang bernama Albert Arnold Gore Junior, lahir pada tanggal 31 Maret 1948 di Washington, D.C. Gore menunut ilmu di Harvard University, dan lulus tahun 1969. Pada tahun 1976, dia memulai karir politiknya dengan berkampanye untuk meraih kursi di Kongres. Dia pun menjadi anggota Senat hingga tahun 1992, ketika Bill Clinton yang menjadi kandidat dari Partai Demokrat memilihnya sebagai pasangannya.

Pada tahun 1992 itu pula Clinton dan Gore terpilih sebagai presiden dan wapres AS dan terpilih kembali empat tahun berikutnya. Selama masa karirnya, Gore dikenal aktif dalam bidang lingkungan hidup dan termasuk pendukung pelarangan senjata nuklir. Namun, pada akhir tahun 1990an, dia terkena skandal dalam pengumpulan dana kampanye dengan menggunakan fasilitas negara.

Afdalludin Meninggal Dunia
Tanggal 5 Ramadhan 646 Hijriah, Afdalludin Abu Abdillah Tabib Khonji, putra Abdul Malik Khonji merupakan seorang bijaksana yang terkenal abad ketujuh Hijriah meninggal dunia.

Dia lahir pada tahun 560 Hijriah di Khonj, disekitar Khalhal di barat laut Iran dan memulai pelajarannya di sana. Dia merupakan seorang bijaksana dan ahli mantic serta pakar dalam ilmu-ilmu Islam yang lain khususnya fikih dan hadis. Dia banyak sekali menulis dan diantara buku yang ditulis ialah Kashful Asrar’an Ghawamidhil Afkar fil Mantiq.

Mulla Aliyari Tabrizi Lahir
5 Ramadhan tahun 1236 Hijriah, Mulla Aliyari Tabrizi, seorang ulama terkenal di kawasan Iran utara terlahir ke dunia. Semasa hidupnya, Tabrizi dikenal sebagai orang yang sangat menguasai fiqh, ilmu hadits, puisi, sastra, filsafat, matematika, dan astronomi. Awalnya ia menuntut ilmu di hauzah ilmiah Najaf, Irak, dan berguru kepada para ulama besar di sana pada zaman itu, di antaranya Syaikh Murtadha Anshari dan Mirza Syirazi.

Setelah menimba ilmu di Najaf, Aliyari Tabrizi kembali ke Iran dan mengajarkan ilmu-ilmu yang didapatkannya dari Najaf itu di tanah airnya. Ia kemudian melahirkan sejumlah ulama terkenal.

Aliyari Tabrizi juga menulis sejumlah buku dengan berbagai macam tema. Kitab karya Tabrizi yang paling terkenal adalah “Dalail Al-Ahkam fi Syarhi Syara’i Al-Islam”.

Categories: SEJARAH | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: