Saeed Jalili: Jika Rakyat Lebanon Terus Bersatu, Israel Pasti Mundur

Saeed Jalili -Sekretaris Tinggi Keamanan Nasional Republik Islam Iran

Tehran-IRIB News, Sekretaris Tinggi Keamanan Nasional Republik Islam Iran, Saeed Jalili memuji kinerja muqawama dan perlawanan rayat Lebanon dalam membela haknya terhadap aksi brutal Rezim Zionis Israel.

Saeed Jalili Ahad (8/8) saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Lebanon, Ali Al-Shami di Tehran menambahkan, selama ini Israel terus bergerak ke perbatasan Lebanon, namun kini mereka mendapat perlawanan sengit dari militer Lebanon ketika mencoba menerobos perbatasan. Ditegaskannya hal ini adalah buah dari muqawama rakyat Lebanon dan persatuan bangsa ini.

Di sisi lain Ali al-Shami menekankan, rakyat Lebanon siap menghadapi segala brutalitas Israel. Dalam kesempatan tersebut, al-Shami menegaskan pentingnya pengambilan keputusan terkait pembebasan kawasan dari ancaman Israel khususnya pelucutan senjata pemusnah massal Israel.

Kedua pihak dalam pertemuan itu menyatakan puas atas kerjasama kedua negara yang terjalin selama ini dan menekankan urgensitas menjaga persatuan dan pertahanan sebagai poros utama muqawama.

Sekjen Jihad Islam Palestina Puji Dukungan Bangsa Iran

Damaskus-IRIB News, Sekjen Jihad Islam Palestina, Ramadan Abdullah Shallah menuntut dukungan luas negara-negara Islam untuk membela Palestina khususnya tempat suci Islam.

Ramadan Shallah Ahad malam (8/8) saat bertemu dengan Penasehat pemimpin besar Revolusi Islam Iran, Ali Akbar Velayati di Damaskus mengisyaratkan eskalasi ancaman Israel termasuk program judaisasi Baitul Maqdis.

Ia mengatakan, dalam kondisi seperti ini kerjasama negara-negara Islam untuk membendung ancaman Israel sangat diperlukan. Sekjen Jihad Islam dalam kesempatan tersebut juga memuji dukungan penuh Pemimpin Besar Revolusi Islam atau Rahbar, Ayatullah Al-Udzma Sayyid Ali Khamenei, pemerintah dan rakyat Iran terhadap bangsa Palestina.

Ia menekankan, Iran senantiasa menunjukkan sikap seriusnya dalam masalah umat Islam khususnya Palestina.

(IRIB/MF)

Categories: Hubungan Internasional | Leave a comment

Post navigation

Leave a comment

Blog at WordPress.com.