Sanksi Tak Hambat Ekspor Gas Iran, Eropa Malah Dekati Tehran

Meski Amerika Serikat (AS) menjatuhkan sanksi sepihak terhadap Republik Islam Iran, namun sejumlah negara Eropa mengajukan permintaannya untuk membeli gas dari Iran. Hal ini dikemukakan Direktur Eksekutif perusahaan gas nasional Iran, Javad Ouji.

Javad Ouji Sabtu (7/8) kepada wartawan mengatakan, permintaan gas dari eropa meningkat drastis. Ditandaskannya, perundingan dengan Swiss terus berlanjut dan jika telah dicapai kesepakatan soal harga gas maka kesempatan baru bagi negara Eropa akan terbuka.

Ditambahkannya, petrokimia Iran tahun lalu berhasil mendapat pemasukan sebesar 1,8 miilar dolar dari sektor ekspor-impor dan denda dari pihak asing. Ouji menandaskan, Iran tahun lalu juga mengekspor sekitar 6,8 miliar meter kubik gas dan hal ini termasuk rekor bagi Iran.

Castro Peringatkan AS Soal Iran

Mantan Presiden Kuba Fidel Castro menyampaikan pidato di parlemen negaranya guna memperingatkan ancaman AS terhadap Republik Islam Iran dan bahaya perang nuklir global.

Dia menuduh AS dan rezim Zionis Israel berencana untuk menyerang Iran dan Korea Utara dan mendesak pemerintah Washington untuk mencegah konflik tersebut terjadi.

Castro menyebut Presiden AS Barack Obama sebagai orang yang tidak memahami kondisi dunia saat ini, namun para penasehatnya secara perlahan mulai memahami realita yang ada. Castro memperingatkan bahwa konfrontasi nuklir bisa terjadi jika Obama memerintahkan serangan terhadap Iran.

Mantan pemimpin Kuba ini memperingatkan serangan terhadap Iran dapat mendorong dunia ke jurang sebuah bencana “nuklir,” yang akan membawa korban ratusan ribu orang.

(IRIB/MF/RM)

Categories: Hubungan Internasional | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: