AS Harus Meminta Maaf Kepada Bangsa Irak

Pengamat Arab, Zaid Al Isa menekankan Amerika Serikat (AS) harus meminta maaf kepada rakyat Irak secara resmi karena telah menggunakan senjata yang mengandung uranium dan fosfor putih.

Press TV melaporkan, Zaid Al Isa terkait dampak negatif senjata AS yang mengandung uranium dan fosfor putih terhadap rakyat Irak mengatakan, dalam hal ini AS harus secara resmi meminta maaf kepada bangsa Irak dan membayar ganti rugi kepada para korban.

Berbagai penyelidikan menunjukkan bahwa AS membombardir dari udara dan darat kota Fallujah dengan menggunakan senjata serta bom yang mengandung uranium berkadar rendah dan fosfor putih.

Isa menegaskan, pemerintah Irak harus mengumpulkan data dalam masalah ini dan mengajukannya kepada organisasi internasional guna menekan AS agar bersedia meminta maaf dan menghukum pelaku kejahatan terhadap warga Fallujah.

AS Tak Rela Lepas Irak

Amerika Serikat (AS) terus meningkatkan kontaknya dengan berbagai kubu politik Irak khususnya Aliansi al-Iraqiya pimpinan Iyad Allawi. Tindakan Washington ini tak lain adalah upayanya untuk memaksakan kehendaknya kepada bangsa Irak.

Juru bicara Aliansi al-Iraqiya, Maisun ad-Damluji mengatakan, Iyad Allawi di akhir kontaknya dengan Wakil Presiden AS, Joe Biden membicarakan transformasi terbaru Irak dan upaya untuk membentuk pemerintahan baru di negara ini.

Intervensi Arab Saudi dan AS di proses pembentukan pemerintah baru di Irak merupakan salah satu faktor terhambatnya pembentukan kabinet baru di negara ini

(IRIB/Press TV/MF)

Categories: Hubungan Internasional | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: