Hamas Tuntut Pembubaran Otorita Ramallah

Pemerintah pilihan rakyat Palestina (Hamas) di Jalur Gaza menuntut pengunduran diri Mahmoud Abbas, pemimpin Otorita Ramallah dari jabatannya.Tak hanya itu, Hamas juga menuntut pembubaran pemerintah Otorita Ramallah. Hal ini diserukan Hamas mengingat pengaruh Amerika Serikat (AS) yang menyusup dan menguasai pemerintahan ini.

Pejabat Departemen Luar Negeri Hamas, Ahmad Yusuf kepada televisi al-Alam mengatakan, pemerintah Otorita yang tunduk kepada AS telah kehilangan kekuasaannya dan tidak lagi berfungsi.

“Mahmoud Abbas harus kembali ke garis muqawama untuk menuntut hak bangsa tertindas Palestina dari penjajahan rezim ilegal Israel,” tegas Ahmad Yusuf.

Ia memperingatkan bahwa sikap Otorita Ramallah yang menerima perundingan langsung dengan Israel membuat rezim ilegal ini kian bebas meluaskan jajahannya di bumi Palestina.

Mesir Bantah Tutup Rafah

Pemerintah Mesir membantah isu penutupan jalur penyeberangan Rafah di perbatasan negara ini dengan Jalur Gaza.

Menurut laporan Kantor Berita Jerman, DPA, pemberitaan simpang siur sejumlah media menujukkan bahwa Mesir menutup jalur penyeberangan Rafah karena friksi pejabat Kairo dengan pemerintah Hamas di Jalur Gaza atau paling tidak Mesir berniat menutup Rafah.

Diberitakan konflik antara kedua pihak terjadi pasca klaim sejumlah pejabat keamanan Mesir yang menuding Hamas bertanggung jawab atas penembakan roket dari Gurun Sinai ke wilayah Palestina pendudukan pada hari Senin lalu.

Sementara itu, pemerintah Hamas menolak keras tudingan tersebut dan menyebutnya tidak benar. Para pengamat menilai Rezim Zionis Israel sebagai pelaku utama yang menebarkan sekenario tersebut untuk mengobarkan krisis di kawasan dan menggelar perang baru.

Mesir membuka jalur penyeberangan Rafah pasca aksi brutal serdadu Israel terhadap kapal bantuan kemanusiaan untuk warga Gaza, Mavi Marmara. (IRIB/DPA/MF)

Categories: Hubungan Internasional | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: