Tidak Tahu Malu, AS Hadiri Peringatan Pemboman Atom AS ke Hiroshima

Jepang menandai peringatan ke-65 pemboman atom AS atas Hiroshima, hari Jumat (5/8). Untuk pertama kalinya, AS menghadiri peringatan tersebut.

Lonceng perdamaian dibunyikan pada pukul 08.15 waktu setempat, saat bom atom itu dijatuhkan oleh pesawat perang B-29 Enola Gay pada 6 Agustus 1945. Saat lonceng itu dibunyikan, puluhan ribu orang yang selamat yang kini sudah tua, serta anak-anak dan para pejabat melakukan diam satu menit di bawah matahari musim panas yang terik. Demikian dilaporkan Kantor Berita Reuters.

Walikota Hiroshima Tadatoshi Akiba dalam pidato yang diikuti dengan pelepasan burung-burung merpati putih mengtakan, “Dengan jelas, mendesaknya penghapusan senjata nuklir akan menembus suara hati global kita.”

Bom Hiroishima yang dijuluki “Little Boy”, saat itu mengeluarkan campuran gelombang udara sangat cepat yang ditimbulkan oleh pesawat, sinar panas dan radiasi, menewaskan ribuan orang seketika. Pada akhir 1945, korban tewas meningkat menjadi sekitar 140.000 orang dari sekitar 350.000 penduduk kota itu. Setelah itu, ribuan orang tewas setelag mengalami cidera. Tiga hari setelah serangan Hiroshima itu, pada 9 Agustus 1945, AS menjatuhkan bom atom kedua di Nagasaki di Jepang selatan.

Sebelumnya, Sekjen PBB, Ban Ki-moon menghendaki penghancuran seluruh senjata nuklir di dunia. Ban dalam pertemuannya dengan keluarga korban bom atom di Nagasaki, hari Kamis (5/8) mengatakan, “Satu-satu jaminan untuk tidak menggunakan senjata nuklir di dunia adalah menghancurkan senjata pembunuh massal.” (IRIB/ AR)

Categories: Hubungan Internasional | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: