Rahbar Utus Velayati Temui Sayid Hasan Nasrullah

Penasehat Pemimpin Tertinggi Revolusi Islam Iran untuk Urusan Luar Negeri, Ali Akbar Velayati, bertemu dengan Sekjen Hizbullah Lebanon, Sayid Hasan Nasrullah untuk membahas perkembangan terbaru pasca serangan Israel akhir-akhir ini.

Televisi Al-Alam, hari Kamis (5/8) melaporkan, Ali Akbar Velayati Rabu malam (4/8), bertemu Sayid Hasan Nasrullah di Beirut guna membahas perkembangan terbaru politik di Lebanon, Palestina dan kawasan. Dalam pertemuan tersebut, Velayati didampingi sejumlah pejabat Iran, termasuk Duta Besar Iran untuk Lebanon.

Velayati juga melakukan pertemuan secara terpisah dengan Menteri Luar Negeri, Ali al-Shami yang juga membahas perkembangan terbaru.

Takut Hizbullah Turun Tangan, Israel Ngacir dari Lebanon Selatan

Amin Hatit, pensiunan kepala staf gabungan militer Lebanon menegaskan kesiapan Gerakan Perlawanan Islam Hizbullah untuk mendukung militer negara ini dalam menghadapi aksi brutal Rezim Zionis Israel.

“Salah satu dalih penarikan cepat serdadu Israel dari Lebanon selatan adalah ketakutan mereka terhadap Hizbullah,” tegas Hatit. Hal ini dinyatakan Hatit saat diwawancarai Fars News.

“Kondisi di kawasan dalam beberapa hari mendatang akan tetap labil dan bentrokan bersenjata besar kemungkinan masih terus berlangsung,” demikian kata Hatit.

Seraya mengisyaratkan kesiapan Hizbullah untuk mendukung militer Lebanon, Hatin menandaskan, dalih lain penarikan cepat serdadu Israel dari kawasan al-Adisah adalah ketakutan mereka terhadap muqawama.

Menurutnya, militer Israel masih trauma terhadap kekalahan mereka dalam perangan 33 hari musim panas 2006 dalam menghadapi perlawanan gigih Hizbullah. Apalagi saat ini kemampuan Hizbullah tidak dapat dibandingkan dengan perang 33 hari lalu.

Diakhir wawancaranya, Hatit menandaskan, saat ini muqawama dalam kondisi siap penuh dan iklim politik Lebanon sejalan dengan muqawama. Tel Aviv dengan baik menyadari jika mereka berani mengobarkan perang baru di Lebanon maka kekalahan adalah hasil yang pasti mereka peroleh. Oleh karena itu, Tel Aviv menghindari peperangan dengan Lebanon. (IRIB/Fars/MF)

Categories: Hubungan Internasional | 1 Comment

Post navigation

One thought on “Rahbar Utus Velayati Temui Sayid Hasan Nasrullah

  1. faris velayati

    yahudi laktullah pasti hancur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: