Lintas Sejarah 4 Agustus

Nicolas-Jacque Conte-pencipta pensil modern

Nicholas-Jacque Conte Lahir
Tanggal 4 Agustus 1755, Nicolas-Jacque Conte, pencipta pensil modern, terlahir ke dunia. Sejarah pembuatan pensil berawal pada tahun 1560-an, dengan ditemukannya grafit, bahan pembuat pensil, di Inggris. Dengan cepat, grafit digunakan sebagai alat untuk menulis, meskipun masih dalam bentuk yang primitif. Akhirnya pada tahun 1565, dibuatlah pensil pertama dengan cara memasukkan grafit ke dalam sepotong kayu. Perkembangan dalam pembuatan pensil diteruskan oleh para pengrajin Eropa sampai akhirnya Nicolas-Jacque Conte berhasil menciptakan pensil dalam bentuk modern seperti yang sekarang ini digunakan oleh masyarkat dunia.

Bysshe Terlahir ke dunia
Tanggal 4 Agustus 1792 Masehi, Bysshe Percy Shelley, penyair Inggris terlahir ke dunia. Sejak kecil, Shelley sudah menunjukkan bakat yang luar biasa dan ketertarikan yang besar kepada sastera. Dia dikenal sebagai penyair yang memiliki kecenderungan kepada tema-tema cinta, persahabatan dan kebebasan. Karena itulah ia lantas tertarik kepada revolusi Perancis yang belum lama terjadi di zaman itu. Shelley pernah mengalami pengasingan. Tahun 1822, saat berusia 30 tahun, ia tenggelam saat berperahu di Laut Mediterania dan meninggal dunia. Bysshe Percy Shelley meninggalkan sejumlah karya diantaranya, Revolution & Romanticism.

AS Umumkan Netralitas dalam Perang Dunia I
Tanggal 4 Agustus tahun 1914, ketika PD I meletus di Eropa, Woodrow Wilson, Presiden AS saat itu, mengumumkan kenetralan AS dalam perang ini. Pada bulan Februari 1915, Jerman melarang semua kapal dari negara manapun untuk memasuki wilayah perang di sekitar Inggris. Namun, kapal-kapal dagang AS tidak menghiraukan ultimatum ini dan sebulan kemudian, sebuah kapal dagang AS ditenggelamkan oleh kapal tempur Jerman. Selanjutnya dua kapal AS lainnya juga diserang oleh Jerman sehingga opini publik AS menjadi semakin anti Jerman. AS akhirnya memutuskan hubungan diplomatik dengan Jerman dan Kongres mengesahkan anggaran militer sebesar 250 juta dolar untuk persiapan perang.

Tanggal 6 April 1915, parlemen AS secara resmi menetapkan bahwa AS akan bergabung dalam pasukan Sekutu. Pada tanggal 26 Juni, 14.000 tentara AS mendarat di Perancis. Ketika perang berakhir tahun 1918, lebih dari 2 juta tentara AS terjun dalam perang Dunia I dan 50.000 di antaranya tewas. Praktek seperti ini, yaitu ikut terjun dalam perang yang sesungguhnya di luar wewenangnya, masih diteruskan oleh para pemimpin AS hingga saat ini, seperti dalam Perang Vietnam dan Perang Irak yang telah mengorbankan banyak warga AS secara sia-sia.

David Lange Lahir
Tanggal 4 Agustus 1942, David Lange, perdana menteri termuda dalam sejarah New Zealand, terlahir ke dunia. David Lange menuntut ilmu di bidang hukum pada Universitas Auckland. Setelah lulus, David Lange berkarir di bidang hukum hingga tahun 1977 ketika ia berhasil terpilih sebagai anggota parlemen. Pada tahun 1979, David Lange terpilih sebagai wakil ketua Partai Buruh di parlemen dan empat tahun kemudian, ia diangkat sebagai ketua partai dan pemimpin faksi oposisi dalam parlemen.

Pada bulan Juli 1984, David Lange diangkat sebagai Perdana Menteri New Zealand dan ia memimpin pemerintahan yang secara radikal melakukan restrukturisasi dalam perekonomian negara. David Lange juga berperan besar dalam pengesahan UU bebas nuklir di New Zealand dan reformasi di bidang pendidikan. Pada tahun 1987, ia kembali terpilih dengan suara masyoritas untuk kedua kalinya menjabat sebagai PM. Akhirnya, pada tahun 1989, David Lange mengundurkan diri dari jabatannya.

AS menderita kekalahan di Teluk Tonkin
Tanggal 4 Agustus 1964, AS menderita kekalahan dalam perang terbatas di Teluk Tonkin di wilayah Laut Cina Selatan. Pertempuran itu meletus antara kapal-kapal perang AS melawan Vietnam Utara. Saat itu AS mendukung penuh rezim Vietnam Selatan melawan utara, namun sebelum peristiwa 4 Augustus 1964, AS tidak pernah secara langsung terlibat pertempuran. Menyusul peristiwa Teluk Tonkin, AS secara signifikan menambah jumlah personil militernya di Vietnam Selatan. Mesin-mesin perang dan pesawat tempur AS pun secara masif menggempur wilayah Vietnam utara. Namun perlawanan sengit rakyat setempat telah mempermalukan AS yang terpaksa mengakui kekalahannya di Vietnam dan pada tahun 1975 AS menarik mundur seluruh tenteranya dari sana. Beberapa tahun setelahnya, Vietnam menyatu kembali.

Syarafuddin Wafat
Tanggal 23 Sya’ban 733 Hijriah, Husein bin Abdullah Thayyebi yang dikenal dengan nama Syarafuddin, seorang ahli hadits dan sastrawan besar abad ke-8 hijriah meninggal dunia. Pada masa hidupnya, ia adalah ilmuwan ternama yang sangat menguasai ma’ani, bayan, dan sastra Arab. Dalam kehidupan sehari-hari, Thayyebi lebih banyak meluangkan waktunya untuk mengajar tafsir Quran dan periwayatan hadits. Di antara karya terkenalnya adalah kitab “Tafsir Al-Quran” dan “Syarh Misykat”.

Penyair Jami Lahir ke Dunia
Tanggal 23 Sya’ban 817 Hijriah, Nuruddin Abdurrahman Jami, seorang penyair dan sastrawan terbesar Iran abad ke-9 Hijriah terlahir ke dunia di Kota Jam, sebuah kawasan di timur laut Iran. Ketika masih muda, Jami telah belajar ilmu-ilmu keagamaan, sastra, dan sejarah di Kota Samarqand. Setelah itu, ia melakukan pengembaraan ke berbagai kawasan lainnya.

Jami adalah seorang penyair yang dikenal sebagai pecinta Ahlul Bait Rasulullah Saw. Berbeda dengan para penyair lain pada masanya, Jami tidak pernah membuat syair yang isinya berupa pujian kepada para penguasa. Di antara karya-karya terkenalnya adalah kitab yang berjudul “Silsilatudz-Dzahab”, dan “Baharestan”. Jami meninggal dunia pada tahun 898 Hijriah.

Categories: SEJARAH | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: