Lintas Sejarah 29 Juli

Raja Olaf II Dari Norwegia Tewas
Tanggal 29 Juli tahun 1030, Raja Olaf II Haraldsson dari Norwegia, tewas dalam pertempuran di Stiklestad. Raja Olaf II dikenal sebagai raja efektif pertama di seluruh Norwegia karena berhasil melepaskan diri dari dominasi Denmark dan berhasil memperluas ajaran Kristen di negaranya. Selain itu, pada tahun 1024, Raja Olaf II juga menyusun aturan relijius yang dianggap sebagai UU Norwegia yang pertama. Olaf II adalah anak dari Lord Harald Grenske. Ia dibesarkan sebagai seorang penyembah berhala.
Ia kemudian bergabung dalam pasukan Viking dan bergabung dalam berbagai pertempuran. Pada tahun 1015, Olaf pergi ke Perancis dan di sana dia dibaptis menjadi Kristen. Dua tahun kemudian, Olaf kembali ke Norwegia dan merebut berbagai wilayah yang diduduki oleh Denmark, Swedia, dan bangsawan Norwegia, Earl Haakon of Lade. Hingga tahun 1016, Olaf berhasil menguasai seluruh wilayah Norwegia dan menjadi raja di sana. Selama 12 tahun kemudian, Raja Olaf II membangun kerajaan yang berbasiskan Kristen dan tanpa belas kasihan, ia memaksa rakyatnya untuk memeluk Kristen.

Pertempuran Stiklestad
Tanggal 29 Juli tahun 1030, meletuslah pertempuran di Stiklestad, Norwegia, yang dipimpin oleh Raja Olaf II Haraldsson melawan para pemberontak. Pertempuran Stiklestad ini merupakan peristiwa penting dalam penyebaran Kristen di Norwegia. Sejak abad ke-9 negara ini secara bertahap telah menjadi bagian dari kebudayaan Kristen dan kepercayaan animisme yang merupakan kepercayaan asli bangsa Norwegia menjadi tersingkir.
Perang Stiklestad merupakan akibat dari perlawanan sebagian rakyat Norwegia yang dipaksa untuk memeluk agama Kristen. Perang ini menyebabkan tewasnya Raja Olaf II, namun sejak itu pula, kerajaan Kristen berkuasa penuh di Norwegia dan Raja Olaf II diberi gelar sebagai Saint atau orang suci.

Raja Umberto I dari Italia Tewas Terbunuh
Tanggal 29 Juli tahun 1900, Raja Umberto I dari Italia ditembak oleh seorang warganya bernama Gaetano Bresci. Raja Umberto naik tahta pada tahun 1878 dan ia memerintah secara otoriter dan represif. Sementara itu, Gaetano Bresci adalah warga miskin Italia yang hijrah ke AS dan di sana ia aktif dalam kelompok radikal imigran Italia. Ia kemudian mendirikan sebuah suratkabar anarkhis bernama La Questione Sociale.
Pada tahun 1898, Bresci membaca kabar mengenai tindakan represif yang dilakukan Raja Italia terhadap para petani yang melakukan demonstrasi karena kelaparan akibat gagal panen. Raja Umberto memerintahkan tentaranya untuk mengusir para demonstran itu dan menembaki mereka, sehingga ratusan petani tewas. Bresci memutuskan bahwa Raja Umberto I harus dibunuh dan iapun kembali ke Italia untuk melaksanakan niatnya itu. Pada tanggal 29 Juli 1900, Bresci menembak Raja Umberto I hingga tewas dan dia sendiri akhirnya dijatuhi hukuman kerja paksa seumur hidup.

Ayatullah Isfahani Wafat
Tanggal 17 Sya’ban 1361, ulama, ahli fiqih, dan sufi muslim asal Iran, Ayatullah Syaikh Hasanali Isfahani, meninggal dunia. Beliau dilahirkan pada tahun 1279 Hijriah di Isfahan, Iran tengah. Untuk menuntut ilmu, Syaikh Isfahani pergi ke Najaf, Irak. Kemudian beliau ke Mashad, Iran dan hingga akhir umurnya, beliau tinggal di kota itu.
Selain menguasai ilmu-ilmu agama, beliau juga ahli dalam ilmu matematika, perbintangan, dan kedokteran. Namun, Ayatullah Isfahani menjadi terkenal karena derajat sufisme dan kemuliaan akhlaknya yang merupakan hasil dari ibadah dan pembinaan jiwa. Sebagian di antara kemuliaan Ayatullah Isfani ditulis dalam buku “Tanda-Tanda dari Ketiaadaan Tanda-Tanda” yang ditulis oleh putranya

Categories: SEJARAH | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: