Nisfu Syaban di Iran, Hari Libur Nasional

Masyarakat Iran hari ini (Selasa, 27/7) memperingati hari kelahiran Imam Mahdi af. Sepanjang jalan di kota-kota Iran dimeriahkan dengan gegap-gempita lampu dan bendera kecil yang berwarna-warni. Di ibukota Tehran, masyarakat setempat juga membagi-bagikan makanan dan minuman secara gratis di jalan-jalan sebagai bukti kebahagiaan mereka atas peringatan hari kelahiran Imam Mahdi as.

Meriahnya peringatan hari kelahiran Imam Mahdi as sangat tampak di seluruh negeri ini. Bahkan pemerintah Iran juga menjadikan hari ini sebagai hari libur nasional.

Pada tanggal 15 Sya’ban 255 Hijriah, Imam Mahdi af yang juga diyakini sang juru selamat di akhir zaman terlahir ke dunia di Kota Samarra, Irak. Imam Mahdi adalah putera dari Imam Hasan Al-Askari as yang juga generasi pilihan keturunan Rasulullah Saw. Imam Mahdi memiliki nama dan panggilan yang sama dengan Rasulullah, yaitu Muhamad dan Abul Qasim.

Di usianya yang ke 74 tahun, Imam Mahdi kemudian menghilang atau ghaib untuk jangka waktu yang sangat lama. Berdasarkan berbagai keterangan hadits yang kuat, beliau kelak akan muncul kembali di akhir zaman untuk memimpin dunia ini dengan penuh keadilan dan ketentraman. Saat itu, berbagai kezaliman, kefakiran, dan diskriminasi akan dilenyapkan dari muka bumi. Karena itulah, kemunculam kembali Imam Mahdi menjadi harapan terbesar para pencari keadilan, dan mereka selalu berupaya untuk menciptakan kondisi yang bisa mempercepat kemunculan beliau. Dalam Al-Quran Surat Al-Qashash ayat 5 disebutkan bahwa Allah SWT berkehendak untuk menjadikan orang-orang yang tertindas sebagai penguasa dan pewaris di muka bumi. Untuk itulah, tanggal 15 Sya’ban di Iran dijadikan sebagai Hari Orang-Orang Tertindas. (IRIB/AR)

Categories: Hubungan Internasional | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: