Lintas Sejarah 27 Juli

Imam Mahdi Lahir

Tanggal 15 Sya’ban 255 Hijriah, Imam Mahdi, sang juru selamat di akhir zaman terlahir ke dunia di Kota Samarra, Irak. Imam Mahdi adalah putera dari Imam Hasan Al-Askari a.s., dan merupakan generasi keturunan Rasulullah SAWW. Imam Mahdi memiliki nama dan panggilan yang sama dengan Rasulullah, yaitu Muhamad dan Abul Qasim.

Sampai berusia lima tahun, Imam Mahdi berada di samping ayahnya. Pada usia itulah ayahandanya, yaitu Imam Hasan Al-Askari, mengapai kesyahidan, dan beliau menerima tampuk imamah atau kepimimpinan atas ummat Islam. Dengan kehendak Ilahi, beliau kemudian menghilang untuk jangka waktu tertentu. Selama 69 tahun, Imam Mahdi memimpin ummatnya melalui perantaraan para utusan khususnya yang berjumlah empat orang.

Di usianya yang ke 74 tahun, Imam Mahdi kemudian menghilang atau ghaib untuk jangka waktu yang sangat lama. Berdasarkan berbagai keterangan hadits yang kuat, beliau kelak akan muncul kembali di akhir zaman untuk memimpin dunia ini dengan penuh keadilan dan ketentraman. Saat itu, berbagai kezaliman, kefikiran, dan diskriminasi akan dilenyapkan dari muka bumi. Karena itulah, kemunculam kembali Imam Mahdi menjadi harapan terbesar para pencari keadilan, dan mereka selalu berupaya untuk menciptakan kondisi yang bisa mempercepat kemunculan beliau.
Dalam Al-Quran Surat Al-Qashash ayat 5 disebutkan bahwa Allah SWT berkehendak untuk menjadikan orang-orang yang tertindas sebagai penguasa dan pewaris di muka bumi. Untuk itulah, di Iran, tanggal 15 Sya’ban ini dijadikan sebagai Hari Orang-Orang Tertindas.

Kawasan Polandia Dibagi Menjadi Tiga Bagian

Tanggal 27 Juli tahun 1772, untuk pertama kalinya negara Polandia dipecah menjadi tiga kawasan dan dibagi-bagikan kepada tiga kekuatan besar saat itu, yaitu Rusia, Austria, dan Prusia. Saat itu, ketiga negara mengemukakan alasan bahwa proses pembagian wilayah kekuasaan itu dilakukan untuk mencegah Polandia dari kerusakan dan keruntuhan. Sepanjang sejarah, Polandia yang kini menjadi salah satu negara di kawasan Eropa timur, pernah dipecah-pecah oleh kekuatan asing sebanyak empat kali.

Maximilian Robespierre Dihukum Mati
Tanggal 27 Juli tahun 1793, Maximilian Robespierre, seorang tokoh revolusi Perancis yang kejam beserta beberapa orang pengikut setianya dihukum mati. Peristiwa hari itu menandai berakhirnya masa revolusi menakutkan dengan Robespierre sebagai ketua pengadilan revolusi Perancis. Masa menakutkan itu sebenarnya hanya berlangsung satu tahun. Akan tetapi, dalam jangka waktu yang tidak lama itu, ratusan ribu nyawa orang Perancis melayang dihukum mati dengan tuduhan melakukan kegiatan kontra revolusi.
Awalnya, Robespierre mendapatkan mandat untuk membentuk sebuah pengadilan dengan tujuan menjaga revolusi yang baru saja berhasil dibuat oleh rakyat Perancis. Mandat itu diperolehnya dari Majelis Konvensi yang memiliki kewenangan untuk mengatur seluruh urusan dalam negeri. Robespierre kemudian menyalahgunakan mandatnya ini untuk memperoleh kekuasaan atas seluruh Perancis. Ia kemudian menjatuhkan vonis hukuman mati kepada siapa saja yang dianggapnya menghambat ambisinya. Tercatat lebih dari 120 ribu warga Perancis dibunuh, termasuk sejumlah cendekiawan dan sastrawan terkenal Perancis.

Vincent Van Gogh Meninggal Dunia

Tanggal 27 Juli tahun 1890, Vincent Van Gogh, seorang pelukis legendaris asal Belanda meninggal dunia. Van Gogh terlahir ke dunia tahun 1853, dan selama hidupnya, ia telah melakukan perjalanan ke sejumlah kawasan dunia, meskipun sebenarnya ia menjalani kehidupan dengan penuh penderitaan. Ia menjadi pelukis terjenal karena keberaniannya untuk mengubah-ubah teknik perpaduan warna klasik. Di antara karyanya yang terkenal adalah lukisan berjudul “Bunga Matahari”, yang hingga kini menjadi lukisan termahal sedunia.

Categories: SEJARAH | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: