Lintas Sejarah 24 Juli

Simon Bolivar lahir di Caracas

Tanggal 24 Juli 1783, Simon Bolivar, politikus dan revolusionis terkemuka Amerika Selatan, lahir di Caracas ibu kota Venezuela. Ia membebaskan banyak tanah Amerika Selatan dari tangan imperialis Spanyol. Bolivar aktif dalam revolusi Caracas dan dengan bantuan tentera pendukungnya ia berhasil menguasai Bogota yang berada di pusat Columbia.

Bolivar terpilih sebagai presiden oleh kongres yang didirikan untuk membentuk Columbia Besar. Tujuan tersebut terwujud dengan pembebasan Columbia, Venezuela dan Panama. Pada tahun 1822 M, perlawanan pembebasan Bolivar meluas hingga Equador. Setelah merdeka, Equador bergabung dengan Columbia besar. Setahun sebelumnya, Bolivar yang memimpin pasukan pembebasan Peru, membebaskan negeri ini dari penjajahan Spanyol. Pada tahun 1826 M, revolusionis Bolivar menamakan negeri ini Bolivia. Bolvar, bercita-cita menyatukan Amerika Selatan dalam sebuah federasi, di bawah satu kepemimpinan. Namun, karena perselisihan etnis, ia tidak mampu mewujudkan keinginan tersebut hingga akhir hayatnya tahun 1830.

Otthmar Mergenthaler Lahir

Tanggal 24 juli tahun 1854, Ottmar Mergenthaler, penemu mesin ketik berkebangsaan Jerman terlahir ke dunia. Awalnya, ia lebih tertarik kepada pembuatan jam. Akan tetapi, lama kelamaan ia memiliki minat dan memperoleh kemahiran atas segala hal yang bersifat keterampilan. Akhirnya, ia berhasil menemukan jenis alat yang bisa dibuat untuk mengetik. Mergenthaler meninggal dunia pada tahun 1899.

John Wesley Hyatt Menemukan Plastik

Tanggal 24 Juli tahun 1868, John Wesley Hyatt, seorang ilmuwan AS berhasil menciptakan sebuah benda baru bernama plastik. Penemuan Hyatt atas plastik itu terjadi dalam sebuah perlombaan ilmiah yang dibuat oleh sebuah lembaga di AS. Panitia lomba meminta para peserta untuk menciptakan benda baru yang murah sekaligus ringan untuk alat-alat permainan. Saat itulah Hyatt mengajukan hasil penemuannya berupa benda plastik hingga ia diputuskan sebagai pemenang lomba. Penemuan plastik oleh Hyatt ini menandai era baru di dunia perindustrian.

Kawasan Asia Barat Dikuasai Perancis dan Inggris

Tanggal 24 Juli tahun 1921, Palestina, Irak, dan kawasan timur Jordania secara resmi diserahkan kepada kekuasaan Inggris, sedangkan kawasan Lebanon dan Suriah diserahkan kepada Perancis. Penguasaan Inggris dan Perancis atas wilayah-wilayah yang tadinya merupakan kawasan yang dikuasai oleh Imperium Ottman itu menandai dimulainya masa kolonialisme Barat atas kawasan Asia barat. Bagi dunia Islam secara umum, ini juga menjadi awal petaka karena sejak masa itulah, Inggris mulai mempersiapkan pendoroan sebuah negara ilegal bernama Israel.

Pasukan Inggeris membombardir Hamburg

Tanggal 24 Juli 1944 pada perang dunia kedua, pasukan udara Inggeris membombardir bandara penting Hamburg yang berada di utara Jerman. Baku hantam udara dua arah antara Jerman dan Inggris ini, memakan banyak jatuh korban warga sipil kedua negara. Pemboman di bandar Hamburg selain menghancurkan berbagai persenjataan militer Jerman, juga melumpuhkan ekonomi dan membunuh puluhan ribu warga sipil. Pengeboman udara ini dimulai saat pasukan sekutu menyerang pasukan Jerman dari arah Barat negara ini.

Hasan Andalusi Meninggal Dunia

Tanggal 12 Sya’ban 498 Hijriah, Hasan bin Hafidh Andalusi, seorang ahli hadits dan thabib terkenal Andalusia meninggal dunia. Hasan bin Hafidh yang lebih dikenal dengan nama Al-Ghassani, menulis berbagai kitab penting, di antaranya yang berjudul “Tamjid Al-Muhmal”, berisikan biografi tokoh-tokoh penting yang hidup pada zaman itu.

Sayyidyul Atibba Tabrizi Wafat

Tanggal 12 Sya’ban tahun 1316 Hijriah, Sayyidul Atibba Tabrizi, seorang ahli fiqih dan dokter terkenal Iran meninggal dunia. Ia dilahirkan di Kota Tabriz, sebuah kawasan di barat laut Iran. Sejak masa mudanya, ia menunjukkan minat yang sangat besar kepada sastra ilmu-ilmu agama. Setelah itu, ia belajar ilmu kedokteran kepada sejumlah ilmuwan pada zamannya. Di antara kitab-kitab yang ditulisnya adalah “Sejarah Tabriz” dan “Aturan-Aturan Umum Ibnu Sina”.

Categories: SEJARAH | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: