Lagi, PBB Patuhi Israel

Ketidakselarasan PBB dengan opini dunia kembali ditunjukkan dalam keputusan terbarunya bahwa organisasi yang ingin memberikan bantuan ke Gaza harus mengirimkannya melalui darat.

Jurubicara PBB Martin Nesirky dalam konferensi persnya menyatakan, “Ada rute darat yang disediakan untuk menyalurkan bantuan lewat darat. Itulah cara menyampaikan bantuan ke rakyat Gaza.”

Menurut Nesirky hal ini harus diperhatikan khususnya pada saat Palestina dan Israel dalam waktu dekat akan mengadakan perundingan langsung.

Pernyataan itu mengemuka setelah Wakil Israel untuk PBB, Gabriela Shalev melayangkan surat kepada Sekjen PBB, bahwa berdasarkan “ketentuan internasional” Tel Aviv berhak untuk mencegah masuknya dua kapal Lebanon Junia dan Julia, ke perairan Gaza.

Sekali lagi Israel berdalih bahwa pencegahan masuknya kapal bantuan tersebut karena membawa senjata atau orang yang diklaim berniat melakukan provokasi dan konfrontasi.

Nesirky menegaskan, “Telah ada kemajuan dalam meningkatkan jumlah bantuan, tapi jauh dari cukup dan kami terus mengupayakannya.” (IRIB/MZ/SL)

Categories: Hubungan Internasional | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: