Lintas Sejarah 21 Juli

Demonstrasi Rakyat Iran Memprotes PM Iran

Tanggal 21 Juli tahun 1952, rakyat Iran mengadakan demonstrasi besar-besaran memprotes PM baru Iran, Qawamus-Salthanah.

Menyusul pengunduran diri Perdana Menteri Musadeq atas tekanan rezim Shah, posisinya digantikan oleh Qawamus-Salthanah yang merupakan perpanjangan tangan Shah Pahlevi dan kekuatan asing. PM baru ini segera mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang bertentangan dengan Islam.

Salah seorang ulama besar Iran, Ayatullah Kashani, mengeluarkan pernyataan protes terhadap PM baru Iran itu dan rakyat Iran menyambutnya dengan demonstrasi besar-besaran di berbagai kota. Meskipun awalnya rezim Shah menghadapi demonstrasi ini dengan kekerasan, namun akhirnya, mereka menyerah dan Musadeq kembali diangkat sebagai perdana menteri. Namun 13 bulan kemudian, Musadeq digulingkan oleh kudeta yang didalangi AS.

Perjanjian Perancis-Vietnam Ditandatangani

Tanggal 21 Juli 1945, perjanjian penghentian perang antara Perancis dan Vietnam ditandatangani di akhir konferensi Jenewa yang juga dihadiri oleh wakil-wakil dari AS, Inggris, Cina, dan Soviet.

Perjanjian ini menyusul kalahnya Perancis di Vietnam berkat perlawanan gigih tentara Vietnam dalam pertempuran Dien Bien Phu. Namun, atas tekanan AS, dalam perjanjian itu juga disepakati tentang pembagian wilayah Vietnam hingga tahun 1956 dan perintah agar seluruh tentara asing angkat kaki dari Vietnam. Berlawanan dengan isi perjanjian itu, AS malah mengirimkan pasukannya ke Vietnam dan mendukung pendirian negara Vietnam Selatan.

Akibatnya, pecah perang antara tentara Vietnam Utara melawan tentara Vietnam Selatan yang didukung AS. Perang ini berakhir pada tahun 1975 dengan kekalahan Vietnam Utara dan AS. Selanjutnya, Vietnam kembali bersatu dalam Republik Sosialis Vietnam.

Gemini X Mendarat Kembali di Bumi

Tanggal 21 Juli 1966, pesawat ulang-alik Gemini X yang diawaki oleh John W. Young dan Michael Collins, setelah terbang selama 70 jam di luar angkasa, akhirnya mendarat kembali ke bumi.

Proyek Gemini adalah program antariksa AS yang diluncurkan sejak tahun 1962 dan terdiri dari 12 penerbangan. Tujuan dari program Gemini antara lain adalah untuk menguji coba ketahanan manusia dalam melakukan penerbangan ke luar angkasa dalam jangka waktu dua minggu serta menyempurnakan metode untuk memasuki atmosfer dan melakukan pendaratan. Proyek Gemini merupakan pendahuluan dari Proyek Apolo.

Ibnu Barraj Tharablusi Meninggal Dunia

Tanggal 9 Sya’ban 481 Hijriah, Ibnu Barraj Tharablusi, seorang ulama besar Mesir meninggal dunia. Ia sebenarnya dilahirkan di Mesir. Akan tetapi, dikarenakan selama beberapa tahun menjadi hakim di Kota Tharablus, sebuah kawasan di utara Libanon, ia lantas dikenal dengan nama Tharablusi.
Semasa hidupnya, ia belajar kepada ulama-ulama besar zaman itu, di antaranya Syaikh Thusi. Dia kemudian banyak menulis buku-buku agama, yang paling terpenting adalah kitab “Al-Jawamiul Fiqih ” yang berisi sekitar 820 tanya-jawab di bidang fiqih. Kitab ini dianggap sebagai salah satu rujukan utama dalam ilmu agama Islam.

Categories: SEJARAH | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: