Lintas Sejarah 18 Juli

Galaksi Bimasakti Ditemukan

Tanggal 18 Juli 1783, William Hershel, seorang astronom Inggris, berhasil mengidentifikasi Galaksi Bimasakti atau Milky-way. Dengan teleskop hasil buatannya sendiri, Hershel berhasil menemukan bahwa Galaksi Bimasakti tersusun dari milyaran bintang, sedangkan tata surya, yaitu matahari dan planet-planet yang mengelilinginya hanya satu bagian yang sangat kecil dari galaksi tersebut. Penelitian selanjutnya menemukan bahwa Galaksi Bimasakti terdiri dari 400 milyar bintang dengan garis tengah sekitar 130.000 tahun cahaya, sementara satu tahun cahaya sama dengan 9500 milyar kilometer. Galaksi Bimasakti jika dilihat dari samping berbentuk seperti cakram dan dari atas seperti spiral. Matahari yang menjadi pusat peredaran bumi dan planet-planet lain di tata surya, letaknya sekitar 40.000 tahun cahaya dari pusat Bimasakti.

Perang Inggris-Denmark Dimulai

Tanggal 18 Juli tahun 871, dimulailah perang antara Inggris dan Denmark yang berlangsung hingga 25 tahun kemudian. Perang ini dimulai dengan serangan Denmark terhadap Inggris yang dalam waktu singkat berhasil menduduki sebagian wilayah Inggris. Namun, perang terus berlanjut dan ketika berakhir 25 tahun kemudian, yaitu tanggal 9 Januari 896, kemenangan berada di tangan Inggris yang dipimpin oleh Raja Alfred.

Alexander Dumas (Senior) Lahir

Tanggal 18 Juli 1802, Alexander Dumas (baca: duma), atau yang dikenal dengan Dumas senior, seorang penulis Perancis terkenal, terlahir ke dunia. Dumas lahir dalam keluarga yang miskin sehingga ia tidak bisa mencapai pendidikan tinggi. Pada usia remaja, Dumas mulai bekerja sebagai pelayan. Ia kemudian tertarik pada karya-karya Shakespeare dan Sir Walter Scott, serta karya-karya para penulis Perancis. Kemudian, Dumas mulai menulis naskah-naskah drama. Pada tahun 1844, Alexander Dumas Senior menerbitkan novel legendarisnya berjudul The Three Musketeers. Selanjutnya, ia menulis banyak novel yang mencapai kesuksesan. Namun, di akhir hidupnya, Dumas senior mengalami kebangkrutan. Pada tahun 1870, ia meninggal di rumah anaknya, yang juga berprofesi sebagai novelis dan penulis naskah drama, yaitu Alexander Dumas (Yunior).

Perang Saudara di Spanyol Dimulai

Tanggal 18 Juli 1936, perang saudara di Spanyol meletus antara kelompok kanan melawan pemerintahan yang beraliran sosialis. Perang itu dimulai setelah Jenderal Franco menyerukan seluruh tentara Spanyol untuk bergabung menggulingkan pemerintahan Spanyol saat itu. Jerman dan Italia mendukung Franco dengan pesawat, tank, dan persenjataan, sedangkan Uni Soviet mendukung pemerintah dan kelompok sosialis. Pada bulan Januari 1939, ibu kota Spanyol, Barcelona, berhasil direbut pasukan pemberontak dan tak lama kemudian, seluruh Spanyol jatuh ke tangan mereka. Pada tanggal 28 Maret 1939, perang berakhir dengan menyerahnya kubu pemerintah, atau yang disebut juga sebagai kubu Republik. Perang ini mengorbankan lebih dari sejuta nyawa dan Jenderal Franco berkuasa di Spanyol dengan tangan besi sampai ia meninggal pada tahun 1975.

Allamah Khu’i Gugur

Tanggal 6 Sya’ban 1320 Hijriah, Alamah Khui, seorang ilmuwan besar Islam asal Iran, gugur syahid dalam perjuangan melawan kezaliman. Setelah bertahun-tahun menimba ilmu dari ulama-ulama besar pada zamannya,, di antaranya Syaikh Murtadha Anshari, beliau mencapai derajat ijtihad.
Allamah Khui berjuang untuk menerapkan pemerintah yang konstitusional serta bebas dari kezaliman dan despotisme di Iran. Akibat perjuangannya itu, Allamah Khui dibunuh oleh antek-antek Syah Muhammad Ali yang merupakan raja dari Dinasti Qajar.

Categories: SEJARAH | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: