Israel Kian Ketat Jaga Perairan Internasional

Gerakan Perlawanan Islam Palestina (Hamas) menyebut sikap brutal Rezim Zionis Israel dalam menghadapi konvoi kapal bantuan kemanusiaan untuk warga Gaza dari Libya sebagai aksi terorisme. Beberapa waktu lalu kapal-kapal perang rezim Zionis Israel mengepung kapal Libya Amalthea yang mengangkut bahan bantuan kemanusiaan untuk warga Gaza. Sementara itu, Yussef Sawan, direktur eksekutif Yayasan Qaddafi, mengatakan bahwa pihaknya bersikeras melanjutkan perjalanan ke Gaza meski dikepung oleh delapan kapal perang Israel.

Kapal Libya Amalthea membawa muatan dua ribu ton bantuan kemanusiaan meliputi bahan makanan dan obat-obatan untuk warga Gaza. Kapal ini membawa 12 awak kapal dari berbagai negara bersama 6 aktivis Libya, satu dari Nigeria, satu Maroko dan seorang warga Aljazair.

Dalam beberapa hari terakhir, rezim Zionis Israel telah melakukan berbagai macam usaha untuk mencegah masuknya kapal ini ke perairan Gaza. Israel mendesak supaya kapal ini mengubah arah ke pelabuhan El-Arish di Mesir. Dan akhirnya ancaman Israel ini benar-benar membuahkan hasil. Kepala pelabuhan El-Arish Mesir Jamal Abdul Baqsud menyatakan bawha kapal Libya ‎Amalthea yang membawa bantuan kemanusiaan untuk warga Gaza telah tiba di pelabuhan ‎ini.‎

Amjad al-Shawa, koordinator pembentukan gerakan sukarela untuk mengakhiri blokade ‎Gaza kepada televisi Alalam mengatakan, kapal ini terpaksa mengubah haluan setelah ‎kapal-kapal perang Zionis yang mengepungnya mengancam akan menyerang jika tetap ‎melanjutkan perjalanan ke Gaza.

Hamas menekankan bahwa sikap Israel yang menghalangi sampainya bantuan internasional ke Gaza menunjukkan tetap berlanjutnya blokade rezim ini terhadap Jalur Gaza. Dengan demikian terungkaplah kebohongan Israel dan Amerika Serikat yang mengklaim blokade Gaza telah dicabut. Sementara itu, Perdana Menteri Palestina pilihan rakyat, Ismail Haniyah mengecam brutalitas Israel terhadap konvoi kapal bantuan kemanusiaan untuk warga Gaza. Ia menekankan bahwa upaya pengiriman kapal bantuan kemanusiaan ke Gaza guna mencabut blokade di kawasan ini harus terus dilanjutkan.

Ketua komite rakyat anti-blokade Gaza, Jamal al-Khudri meminta masyarakat internasional bersikap tegas untuk menekan Israel agar menghentikan aksi butalnya tersebut. Liga Arab dalam statemennya juga mengutuk keras aksi terbaru Israel terhadap kapal bantuan kemanusiaan untuk Gaza dari Libya.

Ketua Tim Pengacara Muslim Indonesia, Mahendradatta menyatakan, 60 pengacara negara Islam akhir pekan ini akan berkumpul di Turki guna menyusun gugatan terhadap Israel akibat brutalitas rezim ini terhadap kapal bantuan kemanusiaan. Kini para pengacara muslim dunia sepakat mengajukan gugatannya ke Pengadilan Kriminal Internasional (ICC). (IRIB/MF/SL)

Categories: Hubungan Internasional | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: