Lintas Sejarah 12 Juli

Thariq bin Ziyad Masuk ke Spanyol

Tanggal 12 Juli 711, untuk pertama kalinya dalam sejarah Islam, Thariq bin Ziyad bersama sejumlah besar pasukannya, berhasil memasuki wilayah Spanyol. Kemenangan ini menjadi awal dari penaklukan pasukan Islam atas wilayah-wilayah Eropa lainnya. Thariq bin Ziyad masuk ke Spanyol dengan melewati selat di antara Maroko dan Spanyol, yang kemudian diberi nama sesuai dengan namanya, yaitu Jabal Thariq. Selat ini menghubungkan antara Samudera Atlantik dengan Laut Mediterania. Setelah ditaklukkannya Andalusia atau Spanyol, selama 8 abad kaum muslimin berkuasa di wilayah itu dan menyebarkan peradaban Islam di Eropa.

Bandar Iskandariah Dikepung Tentara Salib

Tanggal 12 Juli 1233, pelabuhan Iskandariah di Mesir dikepung oleh kapal-kapal perang Tentara Salib dari Belanda. Pada saat itu, Salahuddin Al-Ayyubi , pahlawan muslim dalam Perang Salib yang merupakan pemimpin di pelabuhan tersebut, sedang tidak berada di tempat tersebut. Namun demikian, pasukan muslimin tetap berjuang keras untuk mempertahankan pelabuhan tersebut. Ketika akhirnya Salahuddin Al-Ayyubi tiba, ia memimpin perlawanan kaum muslimin sampai akhirnya mereka berhasil mengusir tentara Salib.

Perlawanan Warga Kota Masyhad Dimulai

Tanggal 12 Juli 1935, warga kota Masyhad di Iran, memulai perlawanan yang terkenal dengan nama “Kebangkitan Masjid Gauharsyad”. Perlawanan ini dilancarkan oleh rakyat kota tersebut dalam rangka menentang keputusan raja Iran saat itu, Syah Reza Pahlevi, yang berlawanan dengan syariat Islam, di antaranya, larangan untuk menggunakan jilbab. Perlawanan rakyat yang dipimpin oleh para ulama ini berpusat di Masjid Gauharsyad yang terletak di sisi makam Imam Ridha a.s. Tentara rezim Syah menghadapi perlawnaan rakyat tersebut dengan represif sehingga banyak warga kota Masyhad yang gugur syahid.

Hotel Malik Daud Diledakkan Zionis

64 tahun yang lalu, tanggal 12 Juli 1946, hotel Malik Daud di Baitul Maqdis Palestina, diledakkan oleh kelompok teroris Zionis yang bernama kelompok Irgun. Hotel Malik Daud itu banyak dikunjungi oleh warga Palestina. Akibat ledakan tersebut, lebih dari 200 warga Palestina tewas. Di antara para korban terdapat 15 orang Yahudi yang merupakan bukti bahwa kelompok teroris Zionis demi mencapai tujuan mereka tidak segan-segan membunuh saudara sebangsa mereka sendiri.

Kudeta AS di Iran Terbongkar

Tanggal 12 Juli 1980, rencana kudeta di Iran yang didalangi AS terbongkar dan berhasil digagalkan oleh tentara Republik Islam Iran. Kudeta ini direncanakan oleh pihak-pihak dalam negeri yang terkait dengan mantan rezim Syah, yang bekerja sama dengan AS, rezim Zionis, dan rezim Ba’ats Irak. Kudeta yang bertujuan untuk menggulingkan Republik Islam Iran yang baru saja berdiri itu, terjadi dua bulan setelah kegagalan AS dalam serangan militernya ke Tabash, di wilayah timur Iran. Para pelaku kudeta ini berencana, dengan berpangkalan di pangkalan angkatan udara Iran “Nuzhe” di dekat kota Hamedan, mereka akan melancarkan serangan milter ke berbagai gedung penting di Teheran, antara lain gedung Radio dan Televisi Iran dan rumah Imam Khomeini. Namun kudeta ini berhasil terbongkar sebelum sempat dilaksanakan.

Agresi Militer Rezim Zionis ke Lebanon

Tanggal 4 tahun yang lalu, 12 Juli 2006, untuk kesekian kalinya tentara rezim Zionis Israel melancarkan agresi militer ke Lebanon. Israel berdalih, agresi ini dilancarkan untuk membebaskan dua serdadunya yang ditawan oleh gerakan Hizbullah. Tujuan utama rezim zionis Israel menggelar agresinya ke Lebanon yang didukung penuh oleh Washington, sejatinya untuk menumpas gerakan Hizbullah dan melucuti persenjataan kelompok ini, Hizbullah merupakan kekuatan perjuangan rakyat Lebanon dalam melawan penjajah.

Pasukan militer zionis membombardir dan menghancurkan pelbagai fasilitas umum dan infrastruktur Lebanon. Mereka menanggap dengan cara itu, rakyat Lebonan akan didera kesulitan ekonomi dan melepaskan dukungannya kepada Hizbullah. Selama perang berlangsung, pesawat-pesawat tempur Israel telah melancarkan serangan udara sebanyak 10 ribu kali dan lebih dari 10 ribu warga sipil menjadi korban. Namun demikian, rakyat Lebanon pantang mundur dan tetap bertahan mendukung perjuangan Hizbullah.

Di sisi lain, pasukan militer rezim Zionis Israel gagal meraih ambisinya dan menelan kekalahan telak, setelah serangan roket Hizbullah berhasil menghancurkan sejumlah target militer di Israel, dan para pejuang gerakan ini berhasil melumpuhkan serangan darat militer zionis. Sampai-sampai AS yang selama ini mendukung penuh agresi militer Israel, terpaksa mengeluarkan resolusi Dewan Keamanan PBB untuk menggelar gencatan senjata dan penarikan mundur tentara Israel dari tanah Lebanon. Resolusi ini juga menugaskan pasukan penjaga perdamaian PBB untuk ditempatkan di Lebanon.

Ibnu Qutaibah Meninggal Dunia

Tanggal 29 Rajab 276 Hijriah, Abdullah bin Muslim Dinwari yang terkenal dengan nama Ibnu Qutaibah meninggal dunia dalam usia 63 tahun. Ia dilahirkan di Kufah, Irak. Ketika menginjak usia dewasa ia diangkat sebagai hakim di kota Dinwar, sebuah kota yang terletak di barat Iran. Semasa hidupnya, Ibnu Qutaibah dikenal sebagai orang yang menguasai Quran, hadits, dan sastra Arab. Sejumlah buku terkenal menjadi bukti kedalaman ilmunya. Di antara karya-karyanya itu adalah “Ta’wil Musykil Al-Quran”, Tafsir Gharib Al-Quran”, “‘Uyun Al-Akhbar”, “Ma’ani Asy-Syi’r”, dan “Gharib Al-Hadits”.

Ibnu Abil Hadid Meninggal

Tanggal 29 Rajab tahun 686 Hijriah, Ibnu Abil Hadid, seorang ulama terkenal, meinggal dunia pada usia 70 tahun. Saat terjadi peristiwa penyerangan pasukan Mongol ke ke Baghdad, ia termasuk orang yang ditahan pasukan penyerang. Akan tetapi, sejumlah tokoh melakukan lobi hingga ia berhasil dibebaskan. Karya terpentingnya adalah Kitab “Syarh Nahjul Balaghah”, yang merupakan penjelasannya atas pidato-pidato Imam Ali a.s. Dalam kitabnya itu, Abil Hadid menjelaskan keindahan ucapan-ucapan Imam Ali a.s. dari sisi sastra, sejarah, dan teologis.

Categories: SEJARAH | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: