70 Hari Lagi, Iran Akhiri Penantiannya Menikmati Energi Nuklir

Tehran, IRIB News–Hanya tinggal 70 hari lagi hingga tahap penyuntikan bahan bakar nuklir di reaktor nulir pertama Iran. Pengoperasian reaktor nuklir Bushehr itu dijadwalkan pada awal bulan September mendatang. Ini akan mengakhiri penantian Iran selama tiga dekade untuk menikmati energi nuklir.

Ketua Badan Energi Atom Iran, Ali Akbar Salehi 7 Juli lalu dalam peninjauannya ke reaktor nuklir Bushehr di Iran selatan itu menyatakan, “Musim panas yang dirasakan rakyat Iran tahun ini semakin terasa panas dengan harapan musim panas yang lebih sejuk tahun depan.”

Meski berdasarkan putusan parlemen Republik Islam Iran, badan energi atom negara ini harus memproduksi 20 megawatt listrik, sementara reaktor nuklir Bushehr hanya mampu memproduksi 1000 megawatt saja, namun pengoperasiannya saja dinilai sebagai sebuah keberhasilan. Mengingat dalam tujuh tahun terakhir, sektor reaktor listrik di Iran mendapat kritikan tajam dari para pakar teknis dalam maupun luar negeri.

Salehi mengatakan, tes Hot Run (tes ketahanan) yakni tahap akhir ujiocoba reaktor nuklir yang dilakukan sejak Mei lalu, akan berlangsung hingga 78 hari sebelum reaktor nuklir Bushehr dapat dioperasikan secara resmi. Dalam tahap tersebut seluruh aktivitas reaktor nuklir dites dan dianalisa menyeluruh secara bersamaan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa seluruh komponen reaktor nuklir berfungsi dengan baik sebelum menggunakan bahan bakar asli.

Menurut Salehi, setelah pengoperasiannya, reaktor Bushehr memerlukan waktu untuk memulai dari nol hingga mencapai kapasitas 1.000 megawatt. Setelah 40 hari, reaktor Bushehr hanya akan mencapai 50 persen kapasitasnya. Namun setelah lima atau enam bulan, kapasitas produksi listrik reaktor Bushehr akan mencapai 100 persen. Selain itu, radius keamanan reaktor nuklir Bushehr juga memenuhi standar internasional yaitu hingga lima kilometer dari jangkauan penduduk. (IRIB/MZ/SL)

Categories: Hubungan Internasional | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: