Lintas Sejarah 10 Juli

Pengangkatan Muhamad SAWW sebagai Nabi
Tanggal 27 Rajab 13 tahun sebelum Hijrah, Muhammad SAWW diangkat oleh Allah SWT sebagai Rasul-Nya. Peristiwa ini disebut sebagai peristiwa “mab’ats”. Pada saat itu, Rasulullah berusia 40 tahun. Sebelum diangkat sebagai rasul, Muhammad SAWW dikenal sebagai pribadi yang jujur, penjaga amanah, dan dermawan. Sebagian besar waktunya dihabiskan untuk merenung dan beribadah di gua Hira’, yang terletak di bagian utara Mekah.
Sampai akhirnya, Allah mengutus Jibril untuk menemui Rasulullah di gua itu dan menyampaikan wahyu Allah yang pertama. Sejak saat itu, Rasulullah mengemban tugas menyampaikan risalah Allah swt. Setelah 13 tahun menyebarkan ajaran Islam di kota Mekah dengan mendapatkan tentangan keras dari kaum kafir, Rasulullah hijrah ke Madinah. Di kota Madinah, Rasulullah mendirikan pemerintahan yang berasaskan Islam.

Pulau Islandia Ditemukan
Tanggal 10 Juli 874, pulau Islandia yang terletak di dekat kutub utara, ditemukan oleh para nelayan Norwegia. Sejak itu, pulau itu didatangi oleh orang-orang dari Norwegia dan Skotlandia. Pada tahun 930, rakyat Islandia mulai membentuk sebuah pemerintahan dan parlemen. Sejak tahun 1261, negara ini dikuasai oleh Norwegia tetapi pada tahun 1380, kedua negara tersebut jatuh ke dalam kekuasaan Denmark. Antara tahun 1940-944, Islandia berpindah-pindah dari kekuasaan Inggris, lalu jatuh ke tangan AS, dan akhirnya kembali ke tangan Denmark. Pada tahun 1944, barulah Islandia berhasil meraih kemerdekaannya.

Alaska Ditemukan
Tanggal 10 Juli 1741, kawasan Alaska yang terletak di barat laut Kanada, ditemukan oleh petualang Denmark, Vitus Bering. Pada tahun 1784, kolonialis Rusia mendirikan pemukiman Eropa pertama di pulau Kodiak, di teluk Alaska dan kemudian Rusia memiliki hak monopoli atas Alaska. Pada tahun 1867, AS membeli kawasan Alaska dari Rusia seharga 7 juta 200 ribu dolar AS. Sejak saat itu, Alaska dieksplorasi oleh AS dan mendatangkan uang dalam jumlah besar. Pertama, di sana dibangun pabrik pengalengan ikan salmon. Kemudian, pada awal tahun 1900-an, tambang emas dibuka, dan terakhir, pada tahun 1968, ditemukan cadangan minyak raksasa di Prudhoe Bay, Alaska. Sejak tahun 1959, Alaska secara resmi menjadi negara bagian ke-49 dari Amerika Serikat.

Kurt Alder Lahir

Tanggal 10 Juli 1902, Kurt Alder, seorang kimiawan Jerman peraih Nobel, terlahir ke dunia. Pada tahun 1922, Alder mulai mempelajari kimia di Universitas Berlin. Alder melanjutkan studinya di Universitas Kiel sampai meraih gelar doktor pada tahun 1926 dan kemudian diangkat menjadi dosen di universitas tersebut. Pada tahun 1936, Alder meninggalkan pekerjaannya sebagai dosen karena diangkat sebagai kepala laboratorium perusahaan kimia. Di sana ia bekerja mempersiapkan pembuatan karet sintetik Buna. Pada tahun 1940, Alder ditunjuk sebagai direktur bidang kimia teknologi dan eksperimental di Universitas Cologne. Sepanjang hidupnya, Kurt Alder melakukan berbagai penelitian di bidang kimia yang hasilnya dituliskan dalam makalah-makalah ilmiah yang jumlahnya sekitar 150 buah. Kurt Alder banyak meraih penghargaan, di antaranya the Emil Fischer Memorial Medal dari Asosiasi Kimiawan Jerman dan pada tahun 1950, ia berhasil meraih hadiah Nobel bidang kimia.

Bahama Merdeka

Tanggal 10 Juli 1973, kepulauan Bahama yang terletak di lautan Atlantik, di sebelah timur Amerika, meraih kemerdekaannya. Orang Eropa yang pertama kali datang ke Kepulauan Bahama adalah Christoper Columbus tahun 1492 dan sejak itu, Bahama dijadikan wilayah kekuasaan Spanyol. Penduduk asli Bahama adalah suku Indian Arawak, yang sebagaimana juga terjadi di negara-negara jajahan Eropa lainnya, suku Indian itu akhirnya tersingkir dan punah. Pada tahun 1647, Bahama jatuh ke tangan Inggris dan didirikanlah pemukiman pertama orang Eropa di kepulauan tersebut. Pada tahun 1964, Bahama mendapatkan status otonomi dan barulah pada tahun 1973, meraih kemerdekaan penuh. Bahama kini menjadi salah satu tempat pariwisata terkenal di dunia dan pendapatan devisa terbesar negara ini diperoleh dari sektor pariwisata.

Zamakhsyari Terlahir
Tanggal 27 Rajab tahun 467 Hijrah, Jarallah Zamakhsyari, seorang ahli fiqih dan tafsir terkemuka Iran, terlahir ke dunia. Beliau sangat menguasai bidang tafsir, hadis, dan sastra Arab. Beliau banyak meninggalkan karya penulisan, di antaranya buku-buku berjudul “Mukadimatul Adab”, “Asasul Balaghah”, dan bukunya yang terpenting adalah “Tafsir Kasyaaf”. Zamkhshari meninggal dunia pada tahun 538 Hijriah.

Categories: AGAMA, SEJARAH | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: