Hari Ini, Iran Peringati Hari Mab’ast

Republik Islam Iran, hari ini (Sabtu, 10/7) memperingati Hari Mab’ast atau pengutusan Muhammad Saw sebagai Rasulullah. Peristiwa penting ini juga menjadi hari libur nasional yang diperingati secara serentak di negeri ini.Ummat Islam di negara ini memadati masjid-masjid dan huseiniyah atau majelis taklim untuk memperingati hari pengutusan Muhammad Saw sebagai Rasulullah.

Pada tanggal 27 Rajab 13 tahun sebelum hijrah, Allah Swt mengangkat Muhammad Saw sebagai Rasul-Nya. Peristiwa ini disebut sebagai peristiwa “mab’ats”. Pada saat itu, Rasulullah berusia 40 tahun. Sebelum diangkat sebagai Rasul, Muhammad Saw dikenal sebagai pribadi yang jujur, penjaga amanah, dan dermawan. Sebagian besar waktunya dihabiskan untuk merenung dan beribadah di gua Hira’, yang terletak di bagian utara Mekah.
Sampai akhirnya, Allah mengutus Jibril untuk menemui Rasulullah di gua itu dan menyampaikan wahyu Allah yang pertama. Sejak saat itu, Rasulullah mengemban tugas menyampaikan risalah Allah swt. Setelah 13 tahun menyebarkan ajaran Islam di kota Mekah dengan mendapatkan tentangan keras dari kaum kafir, Rasulullah hijrah ke Madinah. Di kota Madinah, Rasulullah mendirikan pemerintahan yang berasaskan Islam.

Categories: AGAMA, Sosial - Budaya | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: