Aksi Teror Terus Hantam Pakistan

Aksi teror dan kerusuhan sepertinya tak pernah berhenti di Pakistan. Baru-baru ini di sejumlah wilayah Pakistan terjadi kerusuhan berdarah dan aksi teror yang menewaskan puluhan orang dan mencidera sejumlah orang lainnya.

Menurut laporan Press TV, akibat ledakan akibat konvoi pasukan keamanan Pakistan di wilayah Khaibar, barat laut negara ini melindas bom di kawasan ini empat tentara tewas dan empat lainnya cidera.

Sementara itu, serangan milisi bersenjata ke wilayah barat laut Pakistan sedikitnya menewaskan dua warga sipil dan sejumlah warga lainnya luka-luka.

Serangan serupa dari milisi bersenjata di wilayah ini terhadap pasukan keamanan mengakibatkan 20 milisi tewas. Dari wilayah selatan Karachi dilaporkan lima warga sipil tewas akibat aksi brutal para teroris.

Bom Bunuh Diri di Pakistan Tewaskan Anak-Anak dan Perempuan

Serangan bom bunuh diri dan ledakan lain yang diduga bom mobil di sebuah pasar di Pakistan, Jumat (9/10/2010) menewaskan 65 orang, termasuk perempuan serta anak-anak, dan mengubur para korban di bawah reruntuhan pertokoan. Serangan-serangan itu terjadi di kota Yakaghund di Mohmand. Demikian dilaporkan Kantor Berita AFP.
Para pejabat keamanan Pakistan kepada wartawan mengatakan, sebagian besar korban ledakan tersebut adalah anak-anak dan perempuan. Menurut laporan tersebut, mereka menjadi sasaran serangan teroris saat berbelanja di pasar.
Peristiwa ini merupakan serangan paling mematikan di Pakistan sejak orang-orang bersenjata yang memakai rompi bom bunuh diri menyerang tempat ibadah masyarakat minoritas Ahmadi di Kota Lahore pada Mei, menewaskan sedikitnya 82 orang.
Serangan-serangan bom yang berkaitan dengan Taliban dan Al-Qaeda di Pakistan menewaskan lebih dari 3.500 orang dalam tiga tahun ini sejak pasukan pemerintah mengepung kelompok garis keras di sebuah masjid di ibu kota negara itu, Islamabad, pada Juli 2007.
Sejumlah saksi mengatakan, ledakan besar merusak sebuah kantor pemerintah, pertokoan, sebuah penjara dan bangunan-bangunan lain di kota kecil itu, yang tidak jauh dari perbatasan dengan Afghanistan.
Petugas penyelamat masih mencari korban di antara puing-puing bangunan yang hancur sebagian, dan para pejabat khawatir jumlah korban akan meningkat. “Jumlah kematian saat ini 65, dan 112 orang terluka,” kata pejabat pemerintah daerah Rasool Khan kepada AFP.

Laporan Terkini: Korban Tewas 102 Orang

Ledakan bom yang mengguncang wilayah Peshawar Pakistan menewaskan sedikirnya 22 orang. Menurut laporan Kantor berita Xinhua, ledakan yang terjadi hari Sabtu (10/7) ini di Peshawar juga melukai puluhan lainnya.

Ledakan Peshawar terjadi hanya selang sehari setelah terjadinya ledakan dahsyat hari Jum’at di kota Yakaghund, Mohmand di kawasan adat Pakistan yang menewaskan sedikitnya 102 orang sementara lebih dari seratus lainnya luka-luka. Menurut saksi mata, kebanyakan korban adalah perempuan dan anak-anak. Taliban mengaku bertanggung jawab atas terjadinya serangan teror dahsyat tersebut.

Di bagian lain, Dirjen Dinas Intelijen Militer Pakistan, ISI, menyebut negara-negara Barat sebagai biang maranya aksi teror di Pakistan. Dirjen ISI Letnan Jenderal Ahmad Shuja Pasha dalam konferensi pers bersama dengan Komisi Keamanan Nasional di Dewan Senat Pakistan menuduh kekuatan-kekuatan asing intervensi di Pakistan untuk menciptakan ketidakamanan dan instabilitas di negara ini. Menurutnya, “Pakistan akan secara bertahap mengubah kebijakan dalam perang melawan teror.”

Categories: Hubungan Internasional | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: