Lintas Sejarah 8 Juli

Imam Musa Al-Kadzhim Syahid Gugur

Tanggal 25 Rajab 183 Hijriah, Imam Musa Al-Kadhim a.s., keturunan suci Rasulullah generasi kedelapan, gugur syahid di dalam penjara Dinasti Abbasiah. Imam Musa a.s. lahir pada tahun 128 Hijriah di Abwa’, sebuah daerah di antara Mekah dan Madinah. Ketika Imam Musa berusia 20 tahun, ayah beliau, yaitu Imam Shadiq a.s., gugur syahid dan sejak saat itu, beliau mengemban tampuk keimamahan dan kepemimpinan kaum muslimin. Selama 35 periode keimamahan beliau, berbagai kesulitan dan tantangan berat silih berganti datang menghadang.

Selama itu pula, periode perkembangan keilmuan dan peradaban Islam mencapai kegemilangannya. Melalui para ilmuwan, ahli fiqih, dan ahli agama yang menjadi murid-murid Imam Musa, keilmuan dan pemahaman Islam tersebar ke berbagai penjuru dunia. Ketinggian kedudukan Imam Musa di tengah kaum muslimin, membuat Khalifah Harun Al-Rasyid, dari Dinasti Abbasiah yang berkuasa pada zaman itu, merasa kedudukannya terancam. Dia lalu menangkap dan memenjarakan Imam Musa a.s. Akhirnya, pada tahun 183 Hijriah, Imam Musa diracun atas perintah Harun Al-Rasyid dan gugur syahid.
Salah satu di antara hadis-hadis Imam Musa a.s. berbunyi, “Cara terbaik untuk mendekati Tuhan adalah dengan mengenal-Nya, kemudian mendirikan shalat, berbuat baik kepada orang tua, serta meninggalkan sikap hasud dan sombong.”

Perjanjian Tilsit Ditandatangani

Tanggal 8 Juli 1807, perjanjian bersejarah Tilsit ditandatangani oleh Tzar Rusia, Alexander Pertama dan Kaisar Perancis, Napoleon Bonaparte. Melalui perjanjian ini, kedua negara itu sepakat untuk saling membantu jika ada negara ketiga yang menyerang Perancis atau Rusia. Namun kesepakatan itu dengan segera bubar tiga tahun kemudian karena Rusia mendapati bahwa perjanjian dengan Perancis malah membuat terganggunya perdagangan luar negeri Rusia. Karena itu, Rusia kembali membuka pelabuhan-pelabuhannya terhadap kapal-kapal dari negara-negara yang netral dan tetap mengenakan pajak yang besar terhadap barang-barang Perancis yang masuk ke Rusia. Akhirnya pada tanggal 24 Juni 1812, Perancis menyerang Rusia.

Ayatullah Rabbani Amlashi Meninggal

Tanggal 8 Juli 1985, Ayatullah Rabbani Amlashi, seorang ulama kontemporer dan pejuang Iran, meninggal dunia. Ayatullah Amlashi dilahirkan pada tahun 1313 di kota Qom dalam sebuah keluarga yang relijius. Rabbani Amlashi menuntut ilmu-ilmu agama di hauzah ilmiah di kota suci Qom. Selain mengabdikan diri di bidang keilmuan, Ayatullah Amlashi juga sangat aktif dalam berjuang menegakkan nilai-nilai Islam. Beliau merupakan salah satu pendukung Imam Khomeini dalam Revolusi Islam Iran. Akibatnya, beliau sempat diasingkan oleh rezim Shah. Namun akhirnya, perjuangan rakyat Iran yang dipimpin para ulama itu mencapai hasilnya pada tahun 1979 dengan berdirinya negara Islam di Iran. Pada tahun-tahun terakhir usianya, Ayatullah Rabbani Amlashi menduduki jabatan sebagai anggota Dewan Pengawal Revolusi Islam.

Kim Il Sung Meninggal

Tanggal 8 Juli 1994, Kim Il Sung, pemimpin Korea Utara dan sekjen Partai Komunis negara itu, meninggal dunia. Kim dilahirkan pada tahun 1912 dan sejak muda telah aktif dalam kegiatan komunis. Pendidikan formal Kim terhenti hingga kelas tingkat SMA karena dipenjara akibat keterlibatannya dalam organisasi komunis di daerahnya. Kemudian, Kim bergabung dengan kelompok gerilya komunis Cina di Manchuria yang berjuang melawan Jepang. Pada tahun 1945, Kim kembali ke Korea bersama pasukan pendudukan Soviet. Oleh tentara Soviet, Kim diangkat sebagai Ketua Komite Perlengkapan Rakyat dan kemudian diangkat sebagai ketua Partai Komunis. Akhirnya, ketika Republik Demokratik Rakyat Korea atau Korea Utara didirikan pada bulan September 1945, Kim terpilih sebagai perdana menteri. Ia memimpin negara tersebut hingga sekitar empat dekade kemudian. Setelah meninggal, posisi Kim Il Sung digantikan putranya, Kim Jung Il .

Categories: SEJARAH | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: