Ahmadinejad: D-8 Bisa Jadi Teladan Hubungan Internasional?

Presiden Republik Islam Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan, “Kelompok D-8 bisa ?menjadi teladan bagi jalinan kerjasama yang konstruktif antara negara-negara sahabat.” ?Ahmadinejad mengatakan hal itu dalam pidatonya di Konferensi Tingkat Tinggi kelompok D-8 ?ketujuh yang berlangsung di Abuja Nigeria, hari ini (8/7). Ahmadinejad juga menyebut D-8 ?bisa memainkan peran aktif dalam membangun sistem dan tatanan dunia baru yang ?berlandaskan keadilan, persahabatan dan perdamaian.?

Seraya menyinggung kekacauan yang ada di dunia saat ini yang dibarengi dengan ?ketidakpuasan umum, Presiden Ahmadinejad memaparkan usulan menggelar konferensi para ?menteri perekonomian dan gubernur bank sentral negara-negara anggota kelompok D-8 ?untuk menyusun sistem ekonomi yang sesuai dengan berlandaskan pada ajaran dan ?pemikiran agama.?

Ahmadinejad menjelaskan kemajuan pesat yang dicapai Iran di berbagai bidang meliputi ?sains, teknologi, pertanian, kedokteran dan industri. Iran, katanya, siap berbagi pengalaman ?dengan negara-negara D-8.

GNB Komentari Surat Iran ke Uni Eropa

Kantor berita Gerakan Non Blok menyatakan bahwa Republik Islam Iran menghendaki transparansi sikap Barat terkait perundingan nuklir. Hal itu dinyatakan Kantor Berita GNB menanggapi surat yang dikirim Sekretaris Dewan Tinggi Keamanan Nasional Iran Saeed Jalili kepada Ketua Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa.

Ditambahkan, Iran telah menyatakan kesiapan untuk membuka kembali perundingan dengan Barat. Menurut Iran, perundingan harus diselenggarakan dengan cermat dan jelas serta pihak perunding yang jelas pula.

Kantor berita ini menyatakan pula bahwa Iran menghendaki transparansi tentang apa yang dimaukan Barat dari perundingan, apakah mereka menginginkan kerjasama atau permusuhan?

Tehran juga menekankan bahwa Barat harus menghentikan intimidasi dan ancaman sepanjang berlangsungnya perundingan. Selain itu Iran menghendaki Barat mengumumkan sikapnya secara jelas terkait kepemilikan senjata nuklir oleh Israel.

(IRIB/AHF/SL)?

Categories: Hubungan Internasional | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: