Upaya BBC Ciptakan Friksi Allamah Fadlullah dan Iran

Tehran (IRIB News)-Hanya beberapa jam setelah Ayatullah Sayid Muhammad Hussein Fadlullah meninggal, televisi BBC berusaha mati-matian untuk meyakinkan publik bahwa ada friksi antara Allamah Fadlullah dengan Iran.

BBC berusaha mengesankan adanya perselisihan ini di benak umat Islam, padahal dukungan terus-menerus Allamah Fadlullah atas Iran dan muqawama menjadi teori politik-agama paling penting bagi Syiah Lebanon.

BBC memuat laporan hari Ahad (04/7) dari wartawannya di Beirut dan menulis, Sayid Muhammad Hussein Fadlullah membantah hubungannya dengan Hizbullah. Namun berkat kehadiran sejumlah murid-muridnya di tingkat atas dan menengah gerakan muqawama Lebanon ini, ada wacana yang menyebutkan hubungannya dengan Hizbullah.

Pernyataan BBC ini tanpa memperhatikan betapa situs marji syiah Lebanon dalam masalah hubungan beliau dengan Hizbullah menurunkan tulisan dengan judul “Peran Ayatullah Fadlullah dalam Pembentukan Muqawama”.

Sekaitan dengan masalah disebutkan bahwa posisi dan peran kepemimpinan Fadlullah di Hizbullah menyebabkan beliau pernah sekali diculik dan empat kali diteror. Ditambahkan, keberadaan sejumlah murid Fadlullah di tingkat atas dan kepemimpinan Hizbullah lebih dikenal dengan sebutan Rijal Fadlullah (tokoh-tokoh Fadlullah).

Di sisi lain, Sayid Hasan Nasrullah, Sekjen Hizbullah beberapa saat setelah pengumuman meninggalnya Ayatullah Sayid Muhammad Hussein Fadlullah menyebut beliau sebagai “Ayah Muqawama”.

Sayid Hasan Nasrullah kemudian menyebutkan kenangannya ketika masih kecil ikut shalat di belakang Ayatullah Hussein Fadlullah. Dikatakannya, “Kami banyak belajar dari pidato-pidato beliau. Kami banyak mendapat petunjuk dari ucapannya. Buat kami perilaku dan akhlak beliau merupakan tauladan. Allamah Fadlullah adalah penuntun yang bijak, tempat pelarian yang kokoh dan pendukung yang kuat dalam perjuangan dan jihad.”

Fatwa Allamah Fadlullah

Di bagian lain dari laporan BBC, Allamah Fadlullah di tahun-tahun terakhir diperkenalkan sebagai ulama moderat terkait masalah sosial, khususnya wanita.

Ungkapan itu merupakan upaya BBC menggiring opini bahwa Allamah Fadlullah memiliki sejumlah fatwa khusus, tanpa menyebutkan secara transparan apa saja fatwa beliau terkait masalah ini. Karena semua tahu betapa perbedaan pandangan ijtihad bagi seorang marji merupakan hal yang wajar dalam wacana fiqih Syiah.

Di tingkat hauzah hal ini sendiri merupakan hal yang jamak terjadi. Belum lagi ada sejumlah fatwa yang dinisbatkan kepada beliau yang dikemudian hari dibantah oleh beliau sendiri atau kantornya dan sebagian lainnya mengalami perubahan.

Hubungan dengan Iran

Namun yang paling menggelikan dari laporan BBC berbahasa Persia yang menyebutkan, Sayid Hussein Fadlullah memiliki hubungan dengan para pemimpin Iran. Tapi hubungan ini setidak-tidaknya dalam beberapa tahun terakhir tidak terlalu hangat. Ayatullah Hussein Fadlullah sebagai ulama Syiah terbesar Lebanon berkali-kali mengeluarkan pernyataan yang mengkritik Iran dan Hizbullah!

Pernyataan provokatif BBC ini disampaikan tanpa memperhatikan kandungan 18 kali khutbah Jumat yang disampaikan sebelum Allamah Fadlullah berpulang ke rahmat Allah di Masjid Hasanain. Masalah dukungan beliau terhadap Iran dan masalah nuklir Iran menjadi tema sentral isi khutbahnya. Di samping itu, tidak ada satu delegasi Iran yang melawat Lebanon tanpa disambut hangat oleh beliau.

Dalam pertemuannya dengan Duta Besar baru Iran untuk Lebanon, Ayatullah Sayid Hussein Fadlullah meminta masyarakat Iran agar berpegang teguh dengan kepemimpinan Islam dan melanjutkan cara dialog dalam menghadapi pihak-pihak lain dengan senantiasa berpedoman pada hak legal nasional.

Marji Syiah Lebanon ini juga menyinggung pentingnya Deklarasi Segi Tiga Tehran antara Iran, Brazil dan Turki di bidang pertukaran bahan bakar nuklir untuk reaktor riset Tehran. Beliau mengatakan, “Amerika dan Zionis Israel begitu terpukul dengan adanya deklarasi ini. Karena mereka berpikiran bahwa politik Iran dikelola oleh pribadi-pribadi yang tidak memiliki pengalaman. Namun tiba-tiba mereka harus menghadapi kenyataan bahwa para politikus Iran merupakan tokoh-tokoh profesional.”

Selain itu, hubungan hangat dan timbal balik ini juga dapat dibaca dengan mudah dari pernyataan bela sungkawa para pejabat tinggi Republik Islam Iran mulai dari Presiden Mahmoud Ahmadinejad, Ali Larijani, Ketua Parlemen Iran, Menlu Manouchehr Mottaki hingga Ketua Dewan Penentu Kebijakan Negara Ali Akbar Hashemi Rafsanjani.(IRIB/SL/PH)

Categories: Hubungan Internasional | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: