Lintas Sejarah 6 Juli

Dante Alighieri Lahir

Tanggal 6 Juli 1265, Dante Alighieri, seorang penyair terkenal Italia, terlahir ke dunia di kota Florence. Selain sebagai penyair, Dante juga aktif sebagai politikus yang membuat ia dibuang keluar dari Florence akibat penentangannya terhadap penguasa saat itu. Karya pertama Dante berjudul Vita Nuova atau ‘kehidupan baru’ yang selesai ditulis tahun 1294. Filosofi Dante yang tampak pada puisi-pusinya adalah bahwa semua kebaikan dan kejahatan berakar dari cinta. Karya-karya Dante lainnya berjudul “Purgatorio” yang menunjukkan bahwa cinta dapat diatur dengan baik dan “Paradiso” yang menggambarkan bahwa cinta dapat ditingkatkan hingga mencapai cinta yang hakiki, yaitu cinta Ilahiah. Dante dianggap sebagai penyair yang menciptakan genre puisi Italia dan berhasil meninggalkan pengaruh dalam sastra modern. Dante Alighieri meninggal dunia tahun 1321.

William Faulkner Meninggal

Tanggal 6 Juli 1962, William Faulkner, seorang penulis terkemuka AS, meninggal dunia. Faulkner dilahirkan tahun 1897 di kawasan selatan AS. Dalam novel-novelnya, Faulkner banyak mengambil inspirasi latar belakang sejarah dan dekadensi moral yang terjadi di kawasan selatan AS, tempat dia lahir dan menulis karya-karyanya. Sebelum menekuni dunia penulis, Faulkner sempat bergabung dengan Angkatan Udara Inggris dalam Perang Dunia Pertama. Ia kemudian bekerja sebagai penulis di surat kabar dan penulis skenario di Hollywood. Akhirnya, Faulkner tinggal di kota kelahirannya untuk menulis novel dan cerpen. Dalam novel-novelnya, Faulkner banyak menyuarakan kritikan atas rasialisme dan penindasan terhadap kaum Negro di AS, di antaranya berjudul Intruder In the Dust dan In Light in August .

Malawi Merdeka

Tanggal 6 Juli 1964, Malawi, sebuah negara di Afrika Tenggara, meraih kemerdekaannya dari Inggris. Penduduk asli Malawi adalah etnis Bantu. Pada tahun 1859, seorang petualang asal Scotlandia, David Livingstone, tiba di danau Nyasa dan sejak itu, Malawi menarik perhatian bangsa-bangsa Eropa untuk dijadikan kawasan perdagangan budak. Pada tahun 1891, setelah berhasil mengusir Jerman dan Portugis yang juga mengincar Malawi untuk dijadikan jajahan, Inggris mengklaim Malawi sebagai wilayah jajahannya dan menamakan kawasan itu sebagai British Central African Protectorate. Sejak tahun 1907, kawasan itu diberi nama Nyasaland, dan akhirnya, ketika merdeka tahun 1964, barulah nama Malawi digunakan.

Komoro Merdeka

Tanggal 6 Juli 1975, Komoro, sebuah negara kepulauan yang terletak di lepas pantai Mozambik, Afrika Tenggara, memproklamasikan kemerdekaannya dari Perancis. Komoro memiliki penduduk mayoritas muslim dan karena itulah rakyat negara ini sepakat untuk mendirikan negara Islam atau Federal Islamic Republic of Comoros. Kepulauan Komoro awalnya dikuasai oleh bangsa Arab sehingga agama Islam menyebar di sana. Setelah itu, Komoro sempat dijajah oleh Portugis sebelum akhirnya dikuasai oleh Perancis sejak tahun 1832. Sekitar satu setengah abad kemudian, barulah perjuangan kemerdekaan rakyat Komoro mencapai hasilnya.

Ayatullah Kuhkaramei Meninggal Dunia

Tanggal 23 Rajab 1299, Ayatullah Sayyid Husain Kuhkamarei, seorang ulama dan ahli fiqih terkemuka Iran meninggal dunia. Beliau selama bertahun-tahun belajar kepada ulama-ulama besar di zamannya, khususnya Syaikh Murtadha Anshari. Lebih dari 800 orang ulama besar pernah menimba ilmu kepada Ayatullah Kuhkamarei. Beliau juga meninggalkan banyak karya penulisan di bidang ibadah dan furu’ud-din.

Categories: SEJARAH | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: