Lintas Sejarah 5 Juli

Venezuela Merdeka

Tanggal 5 Juli 1811, Venezuela memproklamasikan kemerdekaannya dari Spanyol yang telah menjajah negara itu selama tiga abad. Selama periode tersebut, penduduk pribumi Venezuela, yaitu bangsa kulit merah Indian disingkirkan dan dibunuh, sementara imigran Spanyol datang membanjiri Venezuela. Sejak awal abad ke-19, para imigran Spanyol yang telah menjadi warga Venezuela, menghendaki pemerintahan independen yang terpisah dari Spanyol. Dengan dipimpin oleh Fransesco Miranda, rakyat Venezuela pada tahun 1806 memulai perjuangan mengusir tentara Spanyol, namun menemui kegagalan. Pada tahun-tahun berikutnya, Miranda bersama Simon Bolivar meneruskan perjuangan mereka, sampai akhirnya Spanyol angkat kaki dari Venezuela.

Aljazair Merdeka

Tanggal 5 Juli 1962, setelah berjuang selama bertahun-tahun dan mengorbankan sekitar saju juta syuhada, rakyat muslim Aljazair akhirnya berhasil meraih kemerdekaan mereka. Pada tahun 1830, Perancis datang menyerang Aljazair dengan tujuan menjadikan negara itu sebagai wilayah jajahannya, namun mendapat perlawanan keras dari bangsa Aljazair. Salah satu pejuang kemerdekaan Aljazair yang terkemuka adalah Amir Abdul Qadir Aljazairi. Namun setelah 17 tahun berjuang, ia akhirnya tertangkap oleh tentara Perancis dan sejak itu, kekuasaan Perancis di Aljazair semakin hari semakin besar. Dengan leluasa, Perancis menguras hasil bumi negara ini dan menindas rakyat Aljazair. Setelah Perang Dunia Kedua berakhir, perjuangan rakyat Aljazair kembali meningkat dan ketika De Gaulle diangkat sebagai Presiden Perancis, ia setuju untuk memberikan hak otonomi kepada Aljazair. Namun, perjuangan rakyat Aljazair yang menghendaki kemerdekaan penuh terus berlanjut, sampai akhirnya atas tekanan internasional, Perancis bersedia menandatangani “Perjanjian Evian” yang secara resmi mengakui kemerdekaan Aljazair.

Zia-ul-Haq Meraih Kekuasaan

Tanggal 5 Juli 1977, Jenderal Muhammad Zia-ul-Haq, dengan memanfaatkan kondisi Pakistan yang saat itu sedang krisis, melancarkan kudeta berdarah terhadap Zulfikar Ali Bhutto, Presiden Pakistan saat itu. Selain mengangkat diri sebagai Presiden sekaligus Perdana Menteri Pakistan, Zia-ul-Haq menghukum mati Zulfikar Ali Bhutto dan para pendukungnya. Ia juga membubarkan parlemen serta melarang aktivitas partai-partai dan media massa. Atas tekanan dari dalam negeri, pada tahun 1985, Zia-ul-Haq mengadakan pemilu dan membubarkan pemerintahan militer. Namun pada tahun 1988 sekali lagi Zia-ul-Haq membubarkan parlemen dan memecat perdana menteri sambil menjanjikan akan kembali mengadakan pemilu. Tetapi tak lama kemudian, pada tanggal 17 Agustus 1988, Zia-ul-Haq beserta beberapa pejabat militer Pakistan tewas dalam ledakan pesawat udara.

Diplomat dan Wartawan Iran Disandera

Tanggal 5 Juli 1982, tiga orang warga Iran yang terdiri dari diplomat dan wartawan disandera oleh kelompok militan Phalangist di Beirut, Libanon. Pada masa itu, rezim Zionis dengan dukungan kelompok militan Kristen Libanon, yaitu Phalagist, menduduki Libanon. Zionis dan kelompok Phalangist melakukan berbagai aksi teror di Libanon, termasuk di antaranya pembantaian massal warga Palestina yang tinggal di kamp pengungsian Sabra-Shatila pada bulan September 1982. Penyenderaan terhadap diplomat dan wartawan Iran juga merupakan salah satu di antara aksi teror tersebut mengingat Republik Islam Iran di bawah pimpinan Imam Khomeini merupakan negara yang paling aktif dalam menentang penindasan yang dilakukan Rezim Zionis terhadap bangsa Palestina. Hingga saat ini, ketiga warga Iran tersebut masih belum jelas nasibnya dan PBB sama sekali tidak melakukan langkah nyata apapun dalam penyelesaian kasus ini.

Mulla Ali Nuri Meninggal Dunia

Tanggal 22 Rajab 1246, Mula Ali Nuri, ulama dan ahli hikmah terkemuka Iran, meninggal dunia. Selain menagajar, dia juga meneruskan penelitian dan penelaahannya di bidang hikmah. Di antara karya-karya Mula Ali Nuri yang terkenal adalah “Risalah Wahdatul Wujud”.

Categories: SEJARAH | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: