Lintas Sejarah 4 Juli

Patung Liberty

Hari kemerdekaan AS

Tanggal 4 Juli 1776, para wakil dari 13 negara bagian pertama AS menandatangi proklamasi kemerdekaan negeri mereka di kota Philadelphia. Selama ribuan tahun, benua Amerika merupakan tempat tinggal etnis kulit merah. Namun semenjak abad ke 15, para petualang Eropa menemukan benua itu, dan mereka pun berusaha menguasai tiap bagian dari benua tersebut. Perlahan, para imigran Eropa di Amerka semakin bertambah. Mereka pun turut membawa jutaan budak dari Afrika ke sana, untuk dipekerjakan di perkebunan dan pabrik-pabrik Amerika. Para imigran dibantu pasukan militer Inggeri berhasil mengusir tentera Perancis. Pasca kemenangan ini, para imigran pun berbalik arah, dan kini menyerang tentera Inggris. Sejak tahun 1775 meletuslah perang di antara kedua belah pihak. Meski kemerdekaan AS telah diproklamasikan, namun perang masih terus berlanjut. Hingga akhirnya pada tahun 1778 Inggris mengalami kekalahan, dan secara de facto mengakui kemerdekaan AS.

Pasca dimulainya pembantaian etnis Indian Amerika pada tahun 1814, dan meletusnya perang saudara yang berlangsug dari tahun 1861 sampai 1865, perlahan posisi AS pun mulai stabil. Di akhir abad ke 19, AS punmulai melangkah melebarkan hegemoninya hingga ke Amerika Tengah dan Selatan. Pada masa Perang Dunia 1 dan ll, AS bergabung dengan pasukan sekutu. Setelah Perang Dunia ll usai, AS pun mulai melancarkan kembali politik imperialismenya, mencampuri urusan internal negara lain, dan melakuka invasi ke sejumlah negara.

Negara AS terletak di Amerika Utara, di antara samudra Pasifik dan Atlantik. Negeri ini memiliki luas 9 juta 300 ribu km persegi. Berbatasan dengan Kanada di sebelah utaranya, dan Meksiko di sebelah selatannya.

Philipina Merdeka

Tanggal 4 Juli 1946, kepulauan Philipina mendeklarasikan kemerdekaannya dari AS. Bangsa Eropa yang pertama kali datang ke Kepulauan Philipina adalah rombongan pelaut Spanyol di bawah pimpinan Ferdinand Magellan pada tahun 1521. Sejak saat itu, Philipina dijadikan kawasan jajahan Spanyol hingga tiga abad kemudian. Meningkatnya perlawanan rakyat Philipinan membuat kekuatan Spanyol semakin melemah. Pada saat yang sama, Spanyol juga kalah perang dari AS, sehingga Spanyol memutuskan untuk menjual Philipina kepada AS seharga 20 juta dolar. Rakyat Philipina kemudian melanjutkan perjuangan untuk mengusir tentara AS dari tanah air mereka. Akhirnya, pada tahun 1946 bangsa Philipina berhasil meraih kemerdekaannya.

Mohammad Muin Meninggal

Tanggal 4 Juli 1971, Doktor Muhammad Muin, cendekiawan sastra Persia terkemuka, meninggal dunia. Doktor Muin dilahirkan pada tahun 1914 di kota Rasht, Iran utara. Sejak muda, dia mulai mempelajari sastra Arab dan kemudian menuntut ilmu di Darul Funun, sebuah lembaga pendidikan terkemuka di Iran saat itu. Selanjutnya, Muhammad Muin melanjutkan pendidikan ke fakultas sastra dan filsafat di Universitas Teheran. Pada tahun 1942, Muhammad Muin berhasil menjadi lulusan pertama tingkat doktoral di bidang sastra Persia. Doktor Muin kemudian mengabdikan hidupnya untuk mengajar, melakukan penelitian, dan menulis buku di bidang sastra Persia. Karya penulisan yang ditinggalkan Doktor Muin di antaranya adalah kamus besar bahasa Persia yang terdiri dari enam jilid.

Ibn Abi Al-Hadid meninggal dunia

Tanggal 21 Rajab 656 H. Ibn Abi Al-Hadid, seorang pemikir dan penulis muslim terkemuka meninggal dunia pada usia 70 tahun. Pada saat Moghul menyerang Baghdad, ia ditawan, namun oleh beberapa pembesar saat itu ia diselamatkan dari maut. Karya terkenal Ibn Abi Al-Hadid yaitu, “Syarah Nahjul Balaghah” yang merupakan penjelasan dari kumpulan perkataan Imam Ali as. Dalam buku tersebut, Ibn Abi Al-Hadid mengungkapkan keagungan Nahjul Balaghah dari sisi sastra, sejarah dan kalam. Karya lainnya antar lain “Al-Abqari Al-Hasan dan “As-Sab’ Al-Uluyat.”

Categories: SEJARAH | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: