Iran Buat Robot Berbentuk Manusia ‘Sorena 2’?

Tehran-Iran membuat gebrakan baru dengan memproduksi Robot Sorena 2. Robot yang berbentuk ?manusia ini bisa melakukan berbagai pekerjaan vital menggantikan posisi manusia. Robot Sorena 2 ?dirancang dan dibuat oleh 20 ahli robotik Universitas Tehran. Robot ini dipamerkan secara resmi dalam ?sebuah acara yang dihadiri Presiden Republik Islam Iran Mahmoud Ahmadinejad di gedung Konferensi ?Tingkat Tinggi di Tehran Kamis, seiring dengan peringatan “Hari Industri dan Pertambangan Iran.”

Robot Sorena 2 menggunakan teknologi tinggi dengan kemampuan melangkah dan bergerak perlahan ?seperti manusia. Gerakan dan perilaku robot ini didesain menyerupai manusia.??

Teknologi pembuatan robot humanoid menjadi perhatian pusat-pusat teknologi dan perguruan tinggi di ?seluruh dunia. Robot ini diperlukan untuk menggantikan kerja tenaga manusia dalam melakukan tugas-?tugas vital atau membantu pekerjaan manusia.?

Sorena 2 yang beratnya 45 kg dan memiliki tinggi 1,45 meter, dapat berjalan seperti manusia tetapi ?lebih lambat.

Dua tahun lalu, para ahli di Iran sudah membuat robot Sorena 1 yang mampu berjalan di jalur yang ?telah diprogram sebelumnya dengan menggunakan motor penggerak D30 dan sistem radar serta dapat ?melakukan berbagai pekerjaan yang digerakkan lewat operator. Sorena 1 juga mampu mengucapkan ?teks mengikuti program yang sudah disusun.(IRIB/AFH/SL)?? ?

Categories: Tekhnologi | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: