Lintas Sejarah 3 Juli

Pesawat Sipil Iran Ditembak AS

Tanggal 3 Juli 1988, sebuah pesawat sipil Airbus milik Iran dalam perjalanannya dari Iran menuju Dubai, ditembak rudal oleh kapal perang AS, Vincennes. Seluruh penumpang pesawat bernomor Iran Air 655 itu beserta awak pesawatnya, yang keseluruhan berjumlah 298 orang, tewas. Peristiwa ini terjadi di akhir perang Irak-Iran. Saat itu, kapal perang AS tersebut tengah berada di perairan Teluk Persia. AS menyatakan bahwa penembakan itu disebabkan karena kelalaian tentaranya. Namun mengingat kapal perang Vincennes milik AS itu memiliki perlengkapan yang sangat canggih, alasan tersebut sulit diterima. Yang lebih aneh lagi, setelah peristiwa itu, komandan kapal perang Vincennes tersebut malah diberi medali kehormatan oleh pemerintah AS. Semua fakta ini, termasuk juga dokumen-dokumen resmi lainnya, menunjukkan bahwa penembakan terhadap pesawat sipil Iran oleh AS adalah sebuah kesengajaan.

Theodore Hertzel Meninggal

Tanggal 3 Juli 1904, Theodore Hertzel, pendiri gerakan Zionisme Internasional, meninggal dunia. Hertzel dilahirkan pada tahun 1860 di Budapest, Hongaria, dan kemudian ia pindah ke Austria. Di Austria, pemikiran Hertzel mengenai pendirian negara Yahudi yang independen semakin mengkristal. Ia kemudian pada tahun 1895 menuliskan hasil pemikirannya itu dalam sebuah buku berjudul Pemerintahan Yahudi. Dalam buku itu, Hertzel menuliskan pemikiran Zionisme berkenaan dengan perluasan kekuasaan dan keunggulan ras Yahudi di atas ras-ras lainnya. Pada tahun 1897, Theodore Hertzel dan para pendukungnya mengadakan kongres di Swiss dan terbentuklah Organisasi Zionisme Internasional. Setelah Theodore Hertzel meninggal, gerakan zionisme terus berkembang dan akhirnya pada tahun 1948, gerakan zionis berhasil merealisasikan cita-cita ilegalnya dengan mendirikan negara Israel di atas tanah air milik bangsa Palestina.

Franz Kafka Lahir

Tanggal 3 Juli 1883, Franz Kafka, penulis terkenal Cheko, terlahir ke dunia. Pada masa hidupnya, bahasa resmi di Cheko adalah bahasa Jerman, sehingga Kafka menuntut ilmu dalam bahasa Jerman dan semua karya tulisnya menggunakan bahasa tersebut. Kafka meraih gelar doktor dalam bidang hukum dan ia kemudian mempelajari sastra Jerman. Kafka mulai menulis sejak usia muda namun ia menerbitkan karyanya untuk pertama kali pada tahun 1907.
Kualitas dari karya-karya Kafka mulai dikenal luas setelah kematiannya. Pada tahun 1940-an, karya-karya Kafka mulai populer di Perancis, namun rakyat Jerman mulai mengenalnya setelah Perang Dunia Kedua. Ketika karya Kafka berjudul Collected Works diterbitkan tahun 1950-an, Kafka dimasukkan ke dalam kelompok penulis terkemuka Jerman abad ke-20. Karya Franz Kafka yang paling terkenal berjudul The Trial yang terbit tahun 1925.

Perang di Yarmuk

Tanggal 20 Rajab tahun 13 Hijriah, terjadi perang besar di Yarmuk antara pasukan Muslim dengan pasukan imperium Romawi Timur. Yarmuk adalah nama sebuah lembah di negeri Syam, Kaisar Heraklitus, Raja Romawi menyusun satu pasukan besar untuk mengalahkan pasukan Islam. Namun kaum muslimin dengan jumlah pasukan yang lebih kescil dan perlengkapan perang yang lebih sederhana berhasil mengalahkan pasukan Romawi. Kemenangan ini sekaligus membawa pasukan Muslim kian mendekati pintu gerbang kerajaan Romawi. Setahun setelah itu, pasukan Muslim menduduki Beitul Maqdis tanpa pertumpahan darah.

Ayatollah Sadruddin lahir

Tanggal 20 Rajab tahun 1299 Hijriah, Ayatollah Sadruddin Sadr, salah seorang ulama besar muslim lahir di kota Kadzimain, Irak. Setelah melewati masa kanak-kanaknya, beliau menimba berbagai cabang ilmu dari para guru dan ulama di kotanya. Setelah itu Sadruddin Sadr melanjutkan pendidikannya di kota Najaf Al-Asyraf sampai berhasil meraih derajat ijtihad. Ayatollah Sadruddin Sadr pada usia 32 tahun pergi ke kota Mashad di Iran dan menetap di sana sampai tahun 1348 Hijriah. Beliau lantas kembali ke negeri Irak. Ayatollah Sadruddin Sadr meninggalkan banyak karya penulisan di antaranya buku berjudul Mokhtasar Tarikh Al-Islam.

Categories: SEJARAH | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: