Lintas Sejarah 1 Juli

Kanada Merdeka dari Inggris

Tanggal 1 Juli 1867, Kanada meraih kemerdekaannya dari Inggris. Kanada adalah sebuah kawasan di ujung timur benua Amerika dan berbatasan dengan AS. Bangsa Inggris sejak abad ke-15 mengklaim kawasan itu sebagai wilayah kekuasaannya dan terjadilah migrasi besar-besaran orang-orang Inggris ke sana. Pada abad ke-16, bangsa Perancis juga datang ke Kanada dan mengklaimnya sebagai bagian dari kekuasaan Perancis. Akibatnya, pecah perang antara adalah kedua bangsa imperialis tersebut yang berlangsung selama 75 tahun dan berakhir dengan kekalahan Perancis. Kanada akhirnya menjadi koloni Inggris secara penuh. Sementara itu, penduduk asli Kanada, yaitu suku Maori, ditekan dan tersingkir. Sejak awal abad ke-19, bangsa Eropa penghuni Kanada mulai menghendaki didirikannya pemerintahan sendiri yang terpisah dari Inggris. Akhirnya pada tahun 1867, Inggris menyetujui didirikankan Dominion Kanada.

Leibnitz Lahir
Tanggal 1 Juli tahun 1646, Wilhelm Leibnitz, seorang filsuf dan matematikawan Jerman, terlahir ke dunia. Pada usia 15 tahun, Leibnitz sudah diterima di Universitas Leipzig di bidang hukum. Namun, pada dua tahun pertama di universitas itu, Leibnitz lebih banyak mencurahkan perhatiannya pada bidang filsafat dan setelah itu, mempelajari matematika. Akhirnya pada tahun 1666, pada usia 20 tahun, Leibnitz berhasil meraih gelar doktor di bidang hukum. Dalam usia muda itu, Leibnitz telah menghasilkan banyak karya penulisan. Karya-karya Leibnitz diantaranya berjudul “On Natural Law”.

Republik Somalia Berdiri
Tanggal 1 Juli tahun 1960, didirikanlah Republik Somalia yang merupakan gabungan dari Somaliland Protectorate dibawah kekuasaan Inggris dan Somaliland Italia yang dikuasai Italia di bawah mandat PBB. Somaliland Inggris meraih kemerdekaan dari Inggris pada tanggal 26 Juni 1960 sedangkan Somaliland Italia merdeka dari kekuasaan Italia pada tanggal 1 Juli 1960. Somalia dijajah Inggris dan Italia sejak awal abad ke-19. Penduduk kawasan Somalia utara dan Barat sejak tahun 1901 di bawah pimpinan Abdullah Hasan mengobarkan perlawanan melawan Inggris, sedangkan penduduk Somalia timur dan selatan bergabung dengan Eritrea dan Ethiopia untuk melawan Italia. Setelah Perang Dunia II, PBB terlibat dalam masalah Somalia. Pada tahun 1947, Italia menyerahkan kawasan jajahannya itu kepada PBB dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan Somalia. Akhirnya, barulah pada tahun 1960 Republik Somalia yang merdeka berhasil didirikan.

Rwanda dan Burundi Merdeka
Tanggal 1 Juli tahun 1962, Rwanda dan Burundi, dua negara yang saling berbatasan di Afrika, meraih kemerdekaan mereka masing-masing. Kedua negara ini sejak abad ke-18 dijajah oleh Jerman, namun setelah kekalahan Jerman pada Perang Dunia Pertama, Liga Bangsa-Bangsa menyerahkan kekuasaan atas kedua negara Afrika itu kepada Belgia. Resolusi PBB tahun 1962 akhirnya mengakhiri kolonialisme di Rwanda dan Burundi. Penduduk mayoritas Rawanda dan Burundi adalah suku Hutu dan Tutsi.

Hongkong Dikembalikan ke Cina
Tanggal 1 Juli tahun 1997, Inggris mengembalikan Hongkong kepada Cina setelah menguasainya selama 155 tahun. Hongkong yang merupakan sebuah pulau di tenggara Cina diduduki Inggris sejak tahun 1842 dalam era Perang Candu. Melalui berbagai usaha diplomatik, Cina berusaha untuk merebut kembali Hongkong. Akhirnya pada tahun 1898, Inggris menandatangani perjanjian akan mengembalikan Hongkong kepada Cina 99 tahun kemudian. Pada 1985, Inggris dan Cina kembali menandatangani kesepakatan yang menetapkan tanggal penyerahan Hongkong kepada Cina, yaitu tanggal 1 Juni tahun 1997.

Ibnu Samah Wafat
Tanggal 18 Rajab tahun 426 Hijriah, Ibnu Samah, seorang matematikawan, ahli perbintangan, dan dokter Andalusia, meninggal dunia. Dia dilahirkan pada tahun 370 Hijriah di Cordoba. Ilmuwan muslim ini banyak melakukan penelitian dan penulisan di bidang matematika dan astronomi dan menulis banyak karya berharga, di antaranya berjudul “Al-Madkhal ilal Handasah”, “Al-Muamalat” dan “Kitaabuz-ziij”.

Hujjatul Islam Asyrafi Lahir
Tanggal 18 Rajab tahun 1220 Hijriah, Haji Mula Muhammad yang terkenal dengan nama Hujatul Islam Asyrafi, seorang ulama besar Islam terlahir ke dunia di utara Iran. Untuk meneruskan pendidikannya, dia pergi ke kota Najaf dan belajar kepada ulama-ulama terkemuka di kota itu. Beliau pun kemudian menjadi seorang ulama besar di bidang hadis, tafsir Quran, dan teologi. Di antara karya-karya beliau adalah buku berjudul “Asrarus Syahadah”. Beliau meninggal tahun 1315 Hijriah.

Ayatullah Khansari Lahir
Tanggal 18 Rajab 1271, Ayatullah Al-Udzma Haji Sayyid Abuturab Khansari, seorang ulama besar Iran, terlahir ke dunia di kota Khansar, Iran. Ayatullah Khansari mempelajari berbagai ilmu seperti fiqih, ushul fiqih, hikmah, dan tafsir dari para ulama di zamannya sehingga akhirnya beliau sendiri menjadi ulama terkemuka. Beliau banyak meninggalkan karya penulisan di bidang agama, diantaranya berjudul, “Qashdus-Sabil” di bidang ushul fiqih dan “Mishbahus-shalihin” dalam bidang ushuluddin. Beliau meninggal pada tahun 1346 Hijriah.

Categories: SEJARAH | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: