Lintas Sejarah 30 Juni

Revolusi Irak Melawan Inggris Dimulai
Tanggal 30 Juni 1920, rakyat Irak memulai perjuangan mereka melawan penjajahan Inggris di bawah pimpinan Ayatullah Mirza Muhammad Taqi Shirazi. Setelah Perang Dunia Pertama, berdasarkan kesepakatan pasukan Sekutu dalam masalah pembagian wilayah Ottoman, kekuasaan atas Irak, Palestina, dan Yordania diserahkan kepada Inggris. Menanggapi kesepakatan imperialis itu, Ayatullah Mirza Muhammad Taqi Shirazi mengeluarkan fatwa jihad dan dimulailah revolusi rakyat Irak untuk mengusir penjajah dari tanah air mereka. Namun, perlawanan itu tidak berhasil mencapai tujuannya karena kuatnya tentara Inggris yang didukung oleh negara-negara Barat.

Zaire Merdeka
Tanggal 30 Juni tahun 1960, Republik Demokratik Kongo atau Zaire, memproklamasikan kemerdekaannya. Sebelum merdeka, Republik Demokratik Kongo adalah negara jajahan Belgia. Perlawanan rakyat negara itu semakin meningkat pasca Perang Dunia Kedua di bawah pimpinan Patrice Lumumba. Setelah merdeka, Patrice Lumumba terpilih sebagai Perdana Menteri dan Kasavubu diangkat sebagai presiden. Namun, berbagai konflik politik terus berkobar di negara itu, terutama antara Presiden Kasavubu yang pro-Barat melawan Patrice Lumumba, yang berpuncak dengan terbunuhnya Lumumba pada tahun 1961. Hingga kini, ketenteraman rakyat Zaire masih terus terancam oleh berbagai konflik dalam dan luar negeri.

Kudeta Jenderal Umar Hasan Ahmad Al-Bashir
Tanggal 30 Juni tahun 1989, Jenderal Umar Hasan Ahmad Al-Bashir melakukan kudeta tanpa pertumpahan darah untuk menggulingkan pemerintahan Sadiq Al-Mahdi. Sadiq Al-Mahdi sendiri meraih kekuasaan melalui kudeta terhadap Presiden Jaafar al-Numeiry. Sudan merdeka dari penjahahan bersama Inggris dan Mesir pada tahun 1956 dan pemerintahan di negara itu silih berganti digulingkan oleh kudeta. Tahun 1969, Kolonel Numeiry melakukan kudeta dan memimpin Sudan selama 16 tahun kemudian. Presiden Numeiry pada tahun 1983 memproklamasikan Sudan sebagai Republik Islam. Namun, berbagai krisis dan demonstrasi terus mengguncang pemerintahannya. Akhirnya, tahun 1985, Numeiry dikudeta oleh Jenderal Al-Dahab yang kemudian menyerahkan kekuasaan kepada Sadiq Al-Mahdi. Tahun 1989, Sadiq Al-Mahdi pun dikudeta oleh Jenderal Umar Hasan Ahmad Al-Bashir.

Rezim Apartheid Resmi Dibubarkan
Tanggal 30 Juni tahun 1991, masa kekuasaan rezim rasialisme Apartheid di Afrika Selatan secara resmi berakhir. Rezim Apartheid mulai berkuasa sejak tahun 1948 dan secara opresif memberlakukan hukum rasialis yang menghapuskan sebagian hak asasi warga non-kulit putih. Rezim ini juga melakukan pembunuhan, penyiksaan, dan penahanan terhadap oposan-oposan politiknya. Akhirnya, akibat perlawanan di dalam negeri dan tekanan dunia internasional, kekuasaan rezim ini berakhir pada tahun 1991. Pada tahun 1993 UU baru Afsel yang mengakui persamaan hak warga kulit putih dan kulit hitam disahkan. Pada tahun 1994, diadakan pemilu kepresidenan dan pejuang kulit hitam Nelson Mandela berhasil menang dan diangkat sebagai presiden.

Ayatullah Khansari Lahir
Tanggal 17 Rajab 1271, Ayatullah Al Udzma Haji Sayyid Abu Thurab Khansari, seorang ulama besar Iran, terlahir ke dunia di kota Khansar, Iran. Ayatullah Khansari mempelajari berbagai ilmu seperti fiqih, ushul fiqih, hikmah dan tafsir dari para ulama di zamannya sehingga akhirnya beliau sendiri menjadi ulama terkemuka. Beliau banyak meninggalkan karya penulisan di bidang agama, diantaranya berjudul, “Qashdus-Sabil” di bidang ushul fiqih dan “Mishbahus-shalihin” dibidang ushuluddin. Beliau meninggal pada tahun 1346 Hijriah.

Categories: SEJARAH | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: