Lintas Sejarah 22 Juni

Galileo Diadili

Tanggal 22 Juni tahun 1633, Galileo Galilei, astronom, matematikawan, dan fisikawan Italia abad ke-17, diajukan ke pengadilan gereja karena pemikirannya dianggap bertentangan dengan kebijakan gereja.

Pada zaman itu, gereja meyakini bahwa bumi adalah pusat alam semesta dan planet-planet lain berputar mengelilingi bumi. Pada tahun 1632, Galileo menulis sebuah buku yang menolak pandangan ilmuwan bernama Bartholomeus berkenaan dengan sistem tata surya.

Dalam buku itu, Galileo mengemukakan hasil penelitiannya, bahwa mataharilah pusat tata surya dan bumi serta planet-planet lainnya berputar mngelilingi matahari. Gereja kemudian menjatuhkan vonis kafir kepada Galileo dan mengancamnya dengan hukuman mati.

Demi menghindari hukuman mati, Galileo menyatakan menarik pandangannya itu, namun ketika keluar dari pengadilan, dia mengatakan, “Meskipun demikian, bumi tetaplah berputar.”

Nazi Melancarkan Operasi Barbarossa

Tanggal 22 Juni 1941, dalam era Perang Dunia Kedua, tentara Nazi Jerman melancarkan serangan besar ke Uni Soviet.

Sebelumnya, Jerman dan Soviet pernah menandatangani Pakta Non-agresi untuk melindungi perbatasan Jerman bagian timur. Namun, setelah Nazi berhasil mengalahkan Perancis, Hitler yang anti komunis itu berambisi untuk memperluas kekuasaannya ke Soviet.

Dalam Operasi Barbarossa ini, Hitler mengerahkan 3 juta 50 ribu pasukan, 7184 senjata artileri, 3,350 tank, 2,770 pesawat, 600,000 mobil, dan 625,000 kuda. Serangan dilancarkan dari tiga arah, Finlandia dan Polandia dengan target negara-negara Balkan dan Leningrad, serta dari arah Chekoslovakia dengan target Ukraina dan pegunungan Kaukasus.

Tentara Merah Soviet yang tidak siap denagn serangan ini, awalnya kalah telak dan kehilangan 3 juta tentaranya dan jutaan lainnya tertawan. Namun dalam usaha mencapai ibu kota Soviet, Moskow, yang merupakan pertahanan terakhir Soviet, lumpur menjadi penghalang gerak pasukan Jerman.

Selain itu, perlengkapan militer tentara Jerman pun menjadi beku oleh salju yang dahsyat. Tentara Soviet yang menyamar menjadi masyarakat biasa juga melakukan gerilya untuk memotong jalur suplai makanan pasukan Jerman. Akibatnya, Jerman terpaksa menelan kekalahan dalam pertempuran di Moskow, Leningrad, dan Stalingrad, dan akhirnya mundur total dari Soviet.

Bani Sadr Dipecat Sebagai Presiden

Tanggal 22 Juni tahun 1981, Imam Khomeini menerima impeachment dari parlemen yang menyatakan ketidakmampuan Bani Sadr dalam menjabat sebagi Presiden dan mengeluarkan keputusan untuk memecat Bani Sadr.

Bani Sadr adalah presiden pertama Republik Islam Iran yang dipilih langsung oleh rakyat melalui pemilu. Namun, dengan segera terbukti bahwa Bani Sadr malah melakukan langkah-langkah yang bertentangan dengan nilai-nilai revolusi Islam dan bahkan menjalin kerjasama dengan pihak luar untuk menumbangkan sistem pemerintahan Islam di Iran.

Parlemen kemudian dengan suara mayoritas melakukan impeachment terhadap Bani Sadr. Setelah dipecat, Bani Sadr pun melarikan diri ke Perancis dan meneruskan usahanya untuk merongrong republik Islam Iran dari luar negeri.

Abdi Beik Shirazi Lahir

Tanggal 9 Rajab 921 Hijriah, Abdi Beik Shirazi, yang dijuluki “Nawidi” atau si berita gembira, seorang sejawaran Iran, terlahir ke dunia di kota Shiraz, selatan Iran. Karya terbesar sejarawan ini adalah sebuah buku sejarah yang berisi catatan sejarah lebih dari 100 tahun pemerintahan dinasti Safawi di Iran.

Dalam buku ini, dia menceritakan kehidupan dinasti Safawi sejak awal hingga tahun 978 Hijriah. Karya lain Nawidi adalah “Jam-e Jamshidieh” yang ditulis dalam bentuk syair.

Izzuddin Husain Wafat

Tanggal 9 Rajab 963 Hijriah, Izzuddin Husain, seorang ulama abad ke-10 Hijriah, meninggal dunia. Dia dilahirkan pada tahun 906 Hijriah di sebuah desa di Libanon.

Dia kemudian menimba ilmu-ilmu yang berkembang pada zaman itu hingga akhirnya mencapai kedudukan tinggi di bidang ilmu agama dan sufistik. Pada tanggal 9 Rajab 963 Hijriah, Izzuddin Husain diracun oleh penentangnya dan gugur syahid

Categories: SEJARAH | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: