iPhone 4 Cetak Rekor Penjualan Tercepat

Jakarta (ANTARA News) – Penjualan iPhone Apple terbaru meniup sebuah harapan di hari pertama penjualan di pasar, walaupun terdapat kekurangan dan kesalahan memalukan melalui pemesanan online yang digagalkan oleh banyak penjual.

Reuters melaporkan, saham Apple naik hampir tiga persen pada Rabu setelah mengumumkan penjualan iPhone 4s yang melebihi 600 ribu, sebuah rekor volume preorder hanya untuk satu hari.

Yang menempatkan perangkat berada di jalur tepat untuk melampaui penjualan model iPhone sebelumnya serta komputer tablet iPad, dan terdengar sebagai tantangan kuat untuk saingannya seperti Nokia Corp, yang dikejutkan oleh penjualan lemah pada unit ponsel.

Tapi Apple meminta maaf pada Rabu karena harus menghentikan sementara preorder setelah volume mengejutkan dari pemesanan pengguna online yang melebihi beban pemesanan dan sistem persetujuan dan stok persediaan telah habis.

Website Apple mengatakan Rabu sore bahwa produk pesanan akan dikirimkan pada Juli 14, tiga minggu setelah waktu peluncuran yang dijadwalkan pada 24 Juni di toko-toko dan lebih lambat dibandingkan dengan pengiriman 2 Juli yang dijanjikan datang pada hari itu. Situs ini masih lambat pada Rabu, sehingga belum jelas apakah akan ada pemesanan.

Pembawa telepon eksklusif AS, AT & T Inc mengatakan telah menghentikan preorder dan penjualan akan kembali dilakukan setelah persediaan telah tersedia.

Pengguna peduli Apple bermunculan. Para pengamat mengatakan iPhone baru mungkin akan melebihi penjualan model iPhone3GS terakhir, sekitar satu juta unit yang bergerak dalam tiga hari pertama.

Membantu kinerja drive yang akan menjadi bintang masuknya pengguna baru yang meloncat dari ledakan ponsel pintar, serta siklus penggantian dua tahun untuk para penggemar iPhone.

Putaran pertama kontrak yang ditandatangani untuk iPhone pertama berteknologi 3G – yang diluncurkan pada 2008 – dan akan berakhir segera, kata analis JPMorgan, Mark Moskowitz dalam sebuah catatan penelitian.

“Sangat mudah untuk melupakan awal bagaimana kita mengadopsi perangkat ini,” kata seorang analis BGC Mitra, Colin Gillis, juga mengatakan banyak yang meremehkan ukuran pasar iPhone. “Hanya ada 50 juta dari mereka di luar sana. 600 ribu masih setetes dalam ember.”

Seorang analis mengatakan penjualan perangkat bisa mencapai 10 juta per triwulan, jika Apple dapat memenuhi permintaan.

“Pada beberapa titik dalam tiga sampai empat bulan mendatang mereka akan menyusul. Itulah tanda saat mereka akan meraih 10 juta perkuartal,” kata analis Kevin Hapoalim Efek Hunt.

“Ada kemungkinan permintaan cukup (untuk menekan nomor itu) pada kuartal ketiga tapi ada kemungkinan ketidaktersedian pasokan.”

Analis lain, Shaw Wu dari Kaufman Bros, mengatakan estimasi delapan juta untuk kuartal mungkin saja konservatif.

Beberapa analis lainnya telah menyuarakan keprihatinan bahwa kekurangan pasokan Apple akan menyebabkan keterlambatan dalam peluncuran internasional iPad, misalnya akan membuat pembeli tidak sabar dan beralih ke kompetitor lain.

Apple dan AT & T baru-baru ini telah melakukan beberapa hal memalukan berkenaan teknis dan hubungan masyarakat, termasuk pelanggaran keamanan iPad yang memapaparkan alamat email tokoh masyarakat, dan melakukan investigasi atas sebuah prototipe iPhone yang hilang.

AT & T juga telah menerima keluhan bahwa pelanggan potensial iPhone 4 dapat melihat data pelanggan lain di situsnya. AT & T tidak mengomentari pernyataan itu pada Rabu.

Apple meluncurkan iPhone langsing $ 199 4 minggu lalu, membuatnya produk tercepat yang pernah digulir global agar tetap selangkah lebih maju dari saingan seperti Google Inc di dalam pasar ponsel pintar yang sengit.

Perangkat yang membanggakan yaitu layar berkualitas tinggi dan masa pakai baterai yang lebih lama, video chat melalui Wi-Fi, dan sebuah sensor giroskop untuk gaming ditingkatkan.

Verizon on the Horizon?

Saham Apple, masih mendekati pencapaian terbaik dalam perjalanan karirnya, ditutup naik 2,9 persen di 267,25 dolar di Nasdaq. AT & T merosot 0,08 persen menjadi 25,52 dolar di New York Stock Exchange.

AT & T mengatakan pemesanan iPhone 4, sepuluh kali lebih tinggi pada hari pertama dibanding hari pertama peluncuran iPhone 3GS tahun lalu.

AT & T menghubungkan lebih dari 13 juta kunjungan ke situs web pada Selasa, termasuk pelanggan yang memeriksa apakah mereka memenuhi syarat untuk meng-upgrade ke telepon baru. Dikatakan cek kelayakan sampai tiga kali yang melampaui rekor hari sebelumnya yang hanya satu hari.

Analis Hudson Square Riset, Todd Rethemeier mengatakan  angka penjualan adalah kabar baik bagi AT & T, terutama karena berkembangnya harapan-harapan yang lebih besar dari saingannya Verizon Wireless, sebuah perusahaan Verizon Communications Inc dan Vodafone Group Plc, akan segera dapat menjual iPhone juga.

“Ini berarti mereka mengunci pelanggan dalam kontrak dua-tahun baru. Tak ada yang tahu kapan Verizon beralih ke iPhone, tapi ada banyak spekulasi hal itu akan terjadi.” katanya. “Ada beberapa hal yang AT & T dapat lakukan sekarang untuk mengunci pelanggan merupakan hal yang baik.”

Analis Rodman & Renshaw, Ashok Kumar mengatakan teknis semerawut lebih dari sebuah mata hitam untuk AT & T terlebih Apple, dan diperkuat harapannya untuk iPhone Verizon akhir tahun ini. Dia tidak melihat masalah yang membantu saingannya yang membuat ponsel didukung oleh perangkat lunak Android dari Google.

“Orang-orang tidak bisa mendapatkan ponsel mereka hari ini, mereka tidak akan pergi ke Android. Mereka hanya kembali besok dan mencoba untuk membeli iPhone,” katanya.

AT & T mengatakan ketersediaan persediaan yang akan menentukan apakah bisa melanjutkan menerima perintah. Apple meminta maaf kepada calon pembeli yang frustrasi dan meminta mereka untuk “coba lagi” di toko-toko online dan sekali telepon tersedia.

“Kami meminta maaf kepada setiap orang yang mengalami kesulitan, dan berharap bahwa mereka akan mencoba lagi … setelah iPhone 4 masih ada,” kata Apple dalam sebuah pernyataan.

Categories: Tekhnologi | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: