Aksi AS & Israel di Kawasan Timur Tengah

Israel Gunakan “Segala Cara” Hadang Kapal Lebanon Sampai ke Gaza

Israel memperingatkan PBB bahwa situasi keamanan di Timur Tengah akan terganggu akibat rencana keberangkatan kapal bantuan kemanusiaan untuk Gaza dari Lebanon.

Duta Besar Israel untuk PBB, Gabriela Shalev melayangkan surat kepada Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, dan menilai pengiriman kapal bantuan kemanusiaan untuk Gaza itu “provokatif” dan dapat merusak keamanan di kawasan.

Shalev mengklaim bahwa kemungkinan kapal Lebanon tersebut mengangkut teroris dan senjata mengatakan bahwa kemungkinan bahwa teroris atau senjata untuk dikirim ke Gaza.

Ditambahkannya bahwa Israel berhak untuk menggunakan segala cara “sesuai dengan ketentuan internasional” untuk mencegah kapal tersebut menembus blokade atas Gaza. Pejabat Israel ini juga menyebut Lebanon sebagai negara musuh rezim Zionis dan terlibat dalam konflik antara Hamas dan Israel.

Sebelumnya, Samar Haji, panitia konvoi bantuan kemanusiaan Lebanon untuk Gaza menyatakan bahwa 50 aktivis Lebanon dan asing akan mengikuti ekspedisi kemanusiaan tersebut. “Kami semua perempuan independen yang percaya dapat mendobrak blokade atas Gaza,” kata Samar Haji.

Pada 31 Mei lalu, pasukan Israel menyerang konvoi kapal bantuan kemanusiaan untuk Jalur Gaza di perairan internasional. Serangan tersebut merenggut nyawa 20 aktivis dan mencederai puluhan lainnya.

12 Kapal Tempur AS dan Israel Menuju Perairan Teluk Persia

Dilaporkan sebanyak 12 kapal perang Amerika Serikat yang di antaranya terdapat sebuah kapal milik rezim Zionis Israel, melintasi Kanal Suez dan memasuki Laut Merah untuk menuju Teluk Persia.

Koran transregional al-Qods al-Arabi menulis, menurut keterangan para saksi mata, aktivitas maritim di Kanal Suez Jum’at (18/6) dihentikan selama beberapa jam menyusul konvoi kapal militer Amerika Serikat termasuk kapal induk dan kapal-kapal pengangkut pasukan infantri dan kendaraan lapis baja melintasi kawasan tersebut.

Menurut sumber-sumber maritim di Kanal Suez, aktivitas nelayan di kawasan ini juga dihentikan di saat konvoi kapal tempur Amerika dan Israel itu melintas. Melintasnya kapal-kapal perang Amerika Serikat dan Israel itu didukung pengawalan ketat aparat Mesir.

(IRIB/MZ/AHF)

Categories: Hubungan Internasional | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: