Lintas Sejarah 15 Juni

king james 1

Penumpasan Gerakan Perlawanan di Skotlandia

Tanggal 15 Juni 1708, kerajaan Inggris melakukan aksi penumpasan terhadap gerakan kemerdekaan Skotlandia. Sejak lama, Inggris berusaha untuk mencaplok wilayah Skotlandia dan memasukkannya ke dalam wilayah Britania. Ambisi ini tercapai setelah Raja James I yang berdarah Skotlandia naik tahta tahun 1603. Sejak saat itulah, Skotlandia secara resmi menjadi bagian dari kerajaan Inggris.

Gerakan perlawanan bersenjata luas di Skotlandia menunjukkan bahwa rakyat Skotlandia menolak pendudukan Inggris atas negeri mereka. Tahun 1707, London melakukan penggabungan dua parlemen Inggris dan Skotlandia. Kebijakan ini tak urung memicu protes dan kemarahan rakyat Skotlandia yang berakibat pada munculnya gerakan perlawanan bersenjata.

Akhirnya pada tanggal 15 Juni 1708, kerajaan Inggris melakukan penumpasan besar-besaran terhadap gerakan perlawanan rakyat Skotlandia ini. Tahun 1999, menyusul kian meningkatnya tekanan terhadap London, kerajaan Inggris terpaksa menyetujui pemberian hak kepada rakyat Skotlandia untuk membentuk parlemen terpisah.

Berlin Dipilih Sebagai Ibukota Jerman

Tanggal 15 Juni tahun 1848, kanselir Jerman Otto von Bismarck meresmikan kota Berlin yang bersejarah sebagai ibukota Jerman. Setelah pecahnya perang dunia kedua, dan terpisahnya Jerman menjadi dua bagian, Timur dan Barat, kota Berlin yang indah juga terbagi menjadi dua dengan dibangunnya tembok yang memisahkan dua bagian kota itu. Bulan September 1990, setelah ambruknya tembok Berlin, proses unifikasi Jerman mengemuka. Akhirnya setelah bersatunya kembali dua negara yang terpisah lebih dari 40 tahun itu, Berlin kembali ditetapkan sebagai ibukota Jerman.

AS- Uni Soviet Tandatangani SALT II

Tanggal 15 Juni tahun 1979, perjanjian SALT II yang membatasi produksi dan penyimpanan senjata nuklir ditandatangani oleh Presiden uni Soviet Leonid Brezhnev dan Presiden AS Jimmy Carter. Sebelumnya pada tahun 1972, kedua negara adi daya itu telah menandatangani perjanjian SALT I yang berisi kesepakatan untuk memperkecil jumlah senjata nuklir. Namun kedua negara itu tidak pernah komitmen dengan perjanjian yang mereka buat sendiri. Terlebih AS, yang hingga saat ini tetap bersikeras untuk menggarap proyek pertahanan anti rudal balistik setelah sebelumnya menarik diri dari kesepakatan ABM. Asalannya adalah untuk menandingi kemampuan rudal Rusia.

Ibnu Rumi Lahir

Tanggal 2 Rajab tahun 221 Hijriah, Ibnu Rumi, penyair terkenal Arab terlahir di dunia di kota Baghdad. Sejak kecil dia menimba ilmu dari ayahnya dan dari ulama-ulama terkemuka pada masa itu. Ibnu Rumi sejak muda telah menguasai ilmu sastra dan telah menciptakan syair-syair yang indah. Ibnu Rumi dianggap sebagai penyair khusus Imam Hasan Asykari a.s. – salah satu keturunan Rasulullah SAWW-karena banyak menciptakan syair yang memuji beliau. Rumi meninggal tahun 283 Hijriah.

Abu Raihan Biruni Wafat

Tanggal 2 Rajab Abu Raihan Biruni, ilmuwan terkemuka Iran meninggal dunia di kota Gazneh Afganistan. Abu Raihan Biruni sejak mua telah tertarik pada ilmu matematika dan ilmu alam dan dalam waktu singkat dia mampu menjadi ilmuwan besar di bidang itu. Biruni juga menguasai bidang sejarah, geografi, kedokteran, obat-obatan, perbintangan, filsafat, dan berbagai bahasa, di antaranya Arab, Yunani, dan Sansekerta. Abu Raihan Biruni adalah penemu fenomena rotasi bumi dan dia berhasil menghitung bahwa setiap hari bumi berotasi dan dalam setahun bumi berputar mengelilingi matahari.

Sumber : disini

Categories: SEJARAH | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: