Apa yang Dicari Barat di Afghanistan Terungkap

Paris (IRIB News)–Seperti yang diungkapkan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Perancis, Barat tengah memusatkan perhatian mereka pada sumber dan tambang logam langka di Afghanistan dan mereka berupaya mengeruk tambang-tambang tersebut.

Jubir Kemlu Perancis, Bernard Valero Selasa (15/6) menyinggung sidang yang menurut rencana akan digelar 20 Juli mendatang di Kabul guna membahas kapasitas tambang di Afghanistan, juga mengkonfirmasikan ditemukannya tambang-tambang yang belum terjamah di negara itu dan menekankan pentingnya ditetapkan mekanisme tepat eksploitasinya.

Dalam pernyataannya, Valero menyinggung tekad negaranya dan negara-negara lain yang selama bertahun-tahun berada di Afghanistan untuk memanfaatkan tambang tersebut.

Menyinggung keberadaan tambang-tambang tembaga dan lithium di Afghanistan, Valero mengatakan, Perancis sama seperti rekan-rekannya di Afghanistan bersama-sama dengan pemerintah dan rakyat Afghanistan untuk meningkatkan sumber daya manusia dan potensi ekonomi negara ini. Dan masalah ini menjadi faktor utama dalam kemajuan Afghanistan yang tengah diupayakan masyarakat internasional.”

Selasa (15/6) koran Le Monde mengutip laporan New York Times menulis, nilai tambang-tambang baru di Afghanistan itu mencapai 1000 milyar dolar dan termasuk tambang logam yang sangat langka lithium yang memiliki peran sangat urgen dalam produk-produk elektronik.

Le Monde menambahkan, “Belum lagi tambang-tambang emas, tembaga, besi, dan lain-lain yang beberapa waktu lalu yang telah diidentifikasi oleh Pentagon dan para pakar geologi Amerika Serikat di Afghanistan hingga ke perbatasan Pakistan.”

Categories: Hubungan Internasional | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: