Haaretz (Harian Israel): Masyarakat Dunia Jijik Dengan Israel

Situs Koran Haaretz memberitakan upaya Rezim Zionis Israel untuk mencegah keputusan Polandia menyerahkan agen Mossad kepada Jerman.

Atas permintaan pemerintah Jerman, polisi Polandia menangkap agen Mossad, Uri Brodsky yang terlibat dalam aksi teror terhadap anggota senior Gerakan Perlawanan Islam Palestina (Hamas), Mahmoud al-Mabhouh di Dubai.

Koran Haaretz menulis, Israel berupaya membujuk Polandia agar tidak menyerahkan Brodsky kepada Jerman. Upaya Tel Aviv ini ditujukan agar Brodsky nantinya tidak jatuh ke tangan polisi Dubai yang terus mengejar pelaku teror al-Mabhouh.

Sementara itu, Polandia sendiri belum mengambil keputusan terhadap Brodsky yang mengaku sebagai pedagang dan menolak seluruh dakwaan yang ditujukan kepadanya.

Menurut koran Zionis ini, Polandia dan Jerman memiliki kerjasama ekstradisi para pelaku kejahatan dan berdasarkan perjanjian Eropa, Polandia harus menyerahkan Brodsky kepada Jerman.

Meski Tel Aviv mengkhawatirkan penyerahan Brodsky ke Dubai, namun mengingat sejarah dan persahabatan yang terjalin cukup erat antara Jerman dan Israel selama ini maka sepertinya Berlin tidak akan menyerahkan agen Mossad ini kepada polisi Dubai. Apalagi, antara Jerman dan Israel selama bertahun-tahun telah terjalin kerjasama di bidang intelijen.

Oleh karena itu, Jerman memburu anggota Mossad ini karena terlibat dalam jaringan asing dan tidak ada hubungannya dengan teror al-Mabhoud. Menurut sumber ini, sebelumnya Inggris juga mengusir wakil Mossad dari kedutaan besar rezim ini di London. Australia mengikuti jejak Inggris dan Irlandia juga tengah memikirkan langkah lain termasuk mengusir atase militer Israel dari negaranya.

Koran ini menyimpulkan, dunia menentang aksi brutal Israel. Kini, masyarakat internasional memandang Israel seperti penjahat yang memporak-porandakan tatanan dunia. Fenomena ini sampai-sampai membuat sekutu dekat Israel seperti Australia, Jerman, Perancis dan lainnya tidak mampu lagi membela rezim ini.

Sumber : disini

Categories: Hubungan Internasional | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: