Ahmadinejad: Demi Kucilkan Iran, AS Tak Segan Mengemis

Mahmoud Ahmadinejad-Recep Tayyep Erdogan

Presiden Republik Islam Iran, Mahmoud Ahmadinejad mengatakan, Amerika Serikat tidak malu mengemis kepada negara anggota Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK-PBB) untuk merilis resolusi anti-Iran. Menurutnya resolusi seperti ini tidak berharga.

Ahmadinejad Ahad malam (13/6) saat diwawancarai televisi Iran Chanel 1 menegaskan, setengah anggota dewan keamanan merupakan pangkalan AS di dunia. Meski demikian, Washington terpaksa mengemis untuk mencari dukungan resolusi anti-Iran.

Presiden Iran menambahkan, Perdana Menteri Turki, Recep Tayyep Erdogan dalam kontak telepon dengan dirinya mengatakan bahwa Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, meminta Erdogan untuk mendukung resolusi anti-Iran atau paling tidak abstain karena Obama mengaku mendapat tekanan dari Kongres.

“Kali ini, sikap Dewan Keamanan (DK) PBB telah membuat legalitas lembaga internasional ini dipertanyakan karena sebelumnya setiap keputusan yang dikeluarkan DK adalah keputusan final. Namun kini, ada negara yang berani menentangnya,” ungkap Presiden Iran.

Ia menambahkan, DK PBB kini telah berubah fungsi, dan tidak lagi memperjuangkan hak bangsa dunia, namun bekerja demi kepentingan kekuatan arogan dunia serta menjadi alat imperialis global. Hal ini dibuktikan dengan perilisan resolusi terbaru anti-Iran.

Menyikapi slogan perubahan yang diusung Barack Obama, Ahmadinejad mengatakan, “Sejak pertama, kami sudah menyadari bahwa slogan tersebut hanya omong kosong dan penipuan. Akan tetapi hal itu membutuhkan waktu untuk menyadarkan seluruh bangsa akan tipu daya Obama.”

Menyinggung Deklarasi Tehran terkait pertukaran bahan bakar nuklir yang ditandatangani Iran, Brazil dan Turki, Ahmadinejad menjelaskan bahwa ia sangat berterimakasih kepada Brazil dan Turki. Ditambahkannya, deklarasi ini membuktikan kemampuan pemimpin Brazil dan Turki mengubah tatanan dunia dan menjadi rival AS.

Sumber : disini

Categories: Hubungan Internasional | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: